Promotor adalah Pendukung, Kenali Perannya dalam Berbagai Kepentingan - Bicara Penting

Latest

logo

Promotor adalah Pendukung, Kenali Perannya dalam Berbagai Kepentingan

Promotor adalah Pendukung, Kenali Perannya dalam Berbagai Kepentingan

Promotor (sumber: freepik)

Jakarta Promotor adalah pihak yang mendukung tujuan tertentu. Promotor adalah istilah yang sering terdengar dalam hal penyelenggaraan acara atau promosi sebuah produk. Selain itu, promotor adalah istilah yang juga digunakan dalam bidang akademik.

Meski digunakan dalam bidang yang berbeda, tujuan dari promotor adalah untuk mendukung. Promotor adalah pihak yang bisa berupa individu, kelompok, atau bahkan perusahaan. Promotor adalah pendukung aktif dari sesuatu.

Promotor adalah istilah umum yang digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang mendukung atau mendorong sesuatu. Promotor adalah wajah dari sebuah bisnis, merek atau produk. Berikut pengertian tentang promotor dalam berbagai bidang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/12/2021).


Pengertian promotor secara umum

<span>Ilustrasi Promotor Credit: pexels.com/William</span>
Ilustrasi Promotor Credit: pexels.com/William


Secara umum, arti promotor adalah pendukung tujuan. Seorang promotor adalah pendukung, advokat, atau penguat untuk seseorang, kelompok, atau peristiwa. Promotor adalah pendukung aktif dari sesuatu.

Promotor demokrasi, misalnya, adalah seseorang yang mencoba menyebarkan demokrasi ke seluruh dunia. Menjadi promotor juga merupakan profesi. Seseorang mungkin disewa untuk membuat pengaturan dan menghasilkan publisitas untuk beberapa bentuk hiburan publik, seperti pertandingan tinju atau konser.

Pengertian promotor menurut kamus

<span>Ilustrasi Membaca Kamus Credit: unsplash.com/Priscilla</span>
Ilustrasi Membaca Kamus Credit: unsplash.com/Priscilla


Ada tiga definisi KBBI tentang apa itu promotor. Promotor adalah orang yang menjadi penganjur atau pendorong suatu usaha (gerakan dan sebagainya). Dalam bidang akademik, promotor adalah guru besar yang memimpin dan mengarahkan orang yang akan mencapai gelar doktor. Sementara dalam bidang acara, promotor adalah orang yang bertanggung jawab atas keuangan suatu pertandingan olahraga, termasuk mencari dana, mengadakan kontrak, dan sebagainya.

Menurut Kamus Merriam-Webster, promotor adalah orang yang memikul tanggung jawab keuangan dari acara olahraga, termasuk membuat kontrak dengan prinsipal, menyewa tempat, dan mengumpulkan tanda terima. Menurut Kamus Oxford Lexico, promotor adalah aeseorang atau perusahaan yang membiayai atau menyelenggarakan acara olahraga, konser, atau produksi teater.

Menurut Cambridge Dictonary, promotor adalah seseorang yang mencoba untuk mendorong sesuatu terjadi atau berkembang. Promotor adalah sebuah orang atau perusahaan yang menyelenggarakan atau membiayai suatu acara atau kinerja seperti olahraga, musik, hiburan, dan lainnya.

Pengertian promotor dalam akademik

<span>Ilustrasi mengajar. Sumber:pexels.com</span>
Ilustrasi mengajar. Sumber:pexels.com


Dalam bidang akademik, promotor adalah guru besar yang memimpin dan mengarahkan orang yang akan mencapai gelar doktor. Promotor dalam hal ini juga disebut sebagai penasihat doktor, direktur disertasi, disertasi penasihat, pengawas doktor, atau pembimbing doktoral.

Promotor akademik berperan untuk membimbing mahasiswa pascasarjana yang adalah kandidat untuk gelar doktor, membantu mereka pilih kursus, seperti serta membentuk, memperbaiki dan mengarahkan pilihan siswa dari sub-disiplin di mana mereka akan diperiksa dan/atau di mana mereka akan menulis disertasi.

Promotor dalam perusahaan

<span>Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/pixabay</span>
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/pixabay


Dalam perusahaan, promotor adalah entitas yang mengambil langkah aktif dalam pembentukan, organisasi, atau pembiayaan korporasi. Promotor perusahaan adalah perusahaan atau orang yang melakukan pekerjaan awal yang terkait dengan pembentukan perusahaan, termasuk yang promosi , penggabungan, dan flotasi, dan solicits orang untuk menginvestasikan uang di perusahaan.

Promotor dalam perusahaan biasanya ada ketika perusahaan sedang terbentuk. Promotor adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki ide untuk membentuk usaha bisnis yang menguntungkan. Seorang promotor dapat menjadi penyelenggara yang dikontrak atau pemegang saham dalam perusahaan.

Promotor umumnya memiliki kewajiban dengan itikad baik sepenuhnya, agar tidak menyesatkan calon investor mana pun, dan mengungkapkan semua fakta material tentang bisnis perusahaan. Seorang promotor dapat menjadi pemegang saham di perusahaan yang dipromosikan.

Seorang promotor dapat berupa satu orang, sekelompok orang, sebuah perusahaan atau bahkan sebuah firma. Promotor dapat berupa pelaku bisnis, bank atau kontraktor sementara.

Promotor dalam acara

<span>Ilustrasi konser Kpop/dok. Unplash Rachel</span>
Ilustrasi konser Kpop/dok. Unplash Rachel


Dalam bidang event, promotor adalah orang yang meningkatkan kesadaran tentang pertemuan seperti festival musik, turnamen olahraga, dan pameran. Seorang promotor bekerja di industri hiburan, termasuk musik dan olahraga, sebagai individu atau organisasi dalam bisnis pemasaran dan promosi acara langsung.

Beberapa tempat memiliki pengaturan eksklusif dengan satu perusahaan promosi, yang lain bekerja dengan beberapa promotor dengan jadwal bergilir. Beberapa promotor dapat bekerja sama untuk acara khusus, seperti pesta Malam Tahun Baru yang besar di ballroom hotel. Mereka juga dapat melibatkan host lepas untuk pengaruh sosial mereka.

Promotor biasanya terlibat sebagai kontraktor independen atau perusahaan perwakilan oleh tempat hiburan. Promotor lain beroperasi secara independen, menyewa tempat dengan biaya tetap, atau di bawah bagi hasil pengaturan dengan pemegang tempat, sehingga menjaga keuntungan lebih besar dari acara yang sukses. Promotor membawa orang banyak melalui berbagai metode.

Promotor dalam marketing

<span>Ilustrasi Digital Marketing Credit: pexels.com/pixabay</span>
Ilustrasi Digital Marketing Credit: pexels.com/pixabay


Dalam pemasaran, promotor adalah istilah digunakan untuk mendefinisikan seseorang yang mempromosikan merek, produk, atau layanan. Ini dapat merujuk kepada orang-orang di dalam perusahaan maupun pelanggan. Perusahaan mencari promotor yang bekerja keras untuk meningkatkan penjualan.

Dalam skenario pertama, promotor disewa oleh perusahaan untuk mewakili produk atau layanan mereka dan mencoba untuk mendapatkan klien baru menggunakan berbagai cara pemasaran, sedangkan pada skenario kedua perusahaan mencoba untuk melayani pelanggan dengan sebaik mungkin dan untuk menyenangkannya.



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.