PKB Siap Buat Poros Koalisi di Pemilu 2024, Ajak PPP dan PAN - Bicara Penting

Latest

logo

PKB Siap Buat Poros Koalisi di Pemilu 2024, Ajak PPP dan PAN

PKB Siap Buat Poros Koalisi di Pemilu 2024, Ajak PPP dan PAN

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid.

Jakarta PKB berencana membuat poros koalisi di Pemilu 2024, bahkan siap menjadi pemimpinnya. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu berencana aja PPP dan PAN.

"Kalau terkait dengan poros, PKB mau memimpin poros sendiri. Enggak tahu dengan cara apa, tapi saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu, saya berkeinginan untuk PKB memimpin poros. Mestinya PPP juga ikut karena sama-sama hijau. Tinggal nambah satu lagi, berangkat itu sudah, misalnya PAN itu sudah cukup, berangkat kita. Bismillah," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Kamis (16/12/2021).

Dia pun memprediksi, tahun 2022 tensi politik dipastikan akan semakin menghangat. Meski partai politik koalisi saat ini solid dalam satu barisan, dia prediksi tahun 2023 menjelang Pemilu 2024 akan banyak akrobat politik.

"Tentu akrobat politik di 2023 akan tidak terhindarkan nantinya dari partai-partai yang ada, meskipun hari ini solid dalam satu barisan. Saya berharap nanti kalau apapun partainya kalau manuvernya itu melampaui atau bisa memecah-belah, harus disemprit karena ini untuk kepentingan persatuan, kebersamaan pasca Covid-19," ungkap Jazilul.

Di sisi lain, PKB pun berharap ambang batas pencalonan presiden diturunkan dari 20 persen. Jika diubah, kemungkinan PKB membentuk dan memimpin poros Pilpres akan semakin mudah terealisasi.

"PKB ingin mimpin poros, masa bercita-cita saja dilarang? Apalagi kalau nanti ada kesepakatan presidential threshold-nya turun, tambah terbuka lagi," jelas Jazilul.

 


Bisa Munculkan Banyak Tokoh

Jazilul mengatakan, bahwa dengan tidak adanya calon petahana pada Pilpres 2024 mendatang, jika PT bisa diturunkan antara 5-10 persen maka Pemilu 2024 akan bermunculan tokoh-tokoh yang maju sebagai calon presiden (capres).

"Banyak pilihan, tetapi tetap dalam bingkai persatuan. Jangan lagi muncul ekstrem kanan dan ekstrem kiri. Pokoknya kalau lebih banyak (calon), kalau ada 4 malah enak, cuma yang dipikirkan adalah kalau putarannya 2 kali maka biaya nambah, itu menjadi soal," kata dia.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.