Piala AFF 2020 Langsung Pecahkan Rekor Keramaian di Singapura Sejak Pandemi COVID-19 Melan... - Bicara Penting

Latest

logo

Piala AFF 2020 Langsung Pecahkan Rekor Keramaian di Singapura Sejak Pandemi COVID-19 Melan...

Piala AFF 2020 Langsung Pecahkan Rekor Keramaian di Singapura Sejak Pandemi COVID-19 Melan...

Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi. (AFP/Roslan Rahman)

Jakarta Piala AFF 2020 resmi bergulir mulai Minggu (5/12/2021). Dua pertandingan sudah berlangsung di hari pertama, sementara timnas Indonesia baru mengawali perjuangannya pada 9 Desember mendatang. 

Tuan rumah Singapura langsung menggebrak di hari pertama Piala AFF 2020. Berada di Grup A, tim Negeri Singa berhasil menang telak 3-0 atas lawannya Myanmar di Singapore National Stadium.

Ikhsan Fandi tampil memukau dalam laga ini. Putra Fandi Ahmad, mantan pelatih Pelita Jaya itu mencetak dua gol, yakni pada menit ke-39 dan 45. Satu gol lainnya dicetak Sawufan Baharudin (34). Sementara pada pertandingan lainnya, tim kuat  Thailand juga menang 2-0 atas Timor Leste.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, pertandingan Piala AFF 2020 yang sempat tertunda setahun akibat pandemi Covid-19, berlangsung di hadapan 7.500 penonton, Ini merupakan hajatan dengan jumlah penonton terbayak yang berlangsung di Singapura sejak musim pagebluk melanda dunia. 

Pertandingan Singapura Vs Myanmar menjadi laga dengan penonton terbanyak di hari pertama. Dalam duel ini, penyelenggara membuka kuota sebesar 10 ribu penonton untuk stadion berkapasitas 55 ribu. Pembatasan dilakukan demi memberi jarak aman bagi suporter yang hadir langsung di lapangan. 

Sementara stadion lainnya, yakni Bishan membuka kuota yang lebih kecil, yakni 1000 penonton dari kapasitas 6000 tempat duduk. Menurut laporan CNA, minimnya kuota yang tersedia tidak menurunkan animo penonton dalam mendukung tim kesayangannya. Meski tetap mengenakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, mereka tetap bersorak dan bernyanyi.

Dukungan terbanyak tentu saja didapatkan oleh tim timnas Singapura. Suporter The Lions sepertinya sudah merindukan kebangkitan timnas mereka setelah 2 tahun mengalami keterpurukan. 

 

 


Magnet Penonton

<span>Striker Indonesia, Beto Goncalves, mendapat pelukan dari para suporter  Indonesia meski menelan kekalahan dari Singapura pada laga Piala AFF 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)</span>
Striker Indonesia, Beto Goncalves, mendapat pelukan dari para suporter Indonesia meski menelan kekalahan dari Singapura pada laga Piala AFF 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)


Piala AFF dijadwalkan bakal berlangsung hingga 1 Januari  2022. Turnamen yang awalnya dikenal sebagai Piala Tiger ini biasanya selalu dihadiri banyak penonton. Pada tahun 2018 saja contohnya. Diperkirakan total penonton yang menyaksikan 26 laga saat itu mencapai 750 ribu orang.    

Namun angka ini tentu tidak akan terulang tahun ini. Pasalnya, pandemi Covid-19 yang belum usai plus ancaman varian baru virus COVID-19, Omicorn, membuat setiap negara kembali waswas. 

 

Jadwal Timnas Indonesia

Sementara itu, Timnas Indonesia juga kembali ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Sebanyak 30 pemain dikirim untuk merebut gelar juara. Simak jadwal timnas Indonesia di bawah ini.  

9 Desember 2021Indonesia Vs Kamboja

12 Desember 2021Laos Vs Indonesia

15 Desember 2021Indonesia Vs Vietnam

19 Desember 2021Malaysia Vs Indonesia



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.