Pengertian Statistika adalah Ilmu yang Mempelajari Data, Simak Contohnya - Bicara Penting

Latest

logo

Pengertian Statistika adalah Ilmu yang Mempelajari Data, Simak Contohnya

Pengertian Statistika adalah Ilmu yang Mempelajari Data, Simak Contohnya

Ilustrasi guru mengajar. Sumber:pexels.com

Jakarta Memahami pengertian statistika adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang statistik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menganalisis dan menemukan keterangan dari data. Inilah mengapa pengertian statistika adalah bisa dianggap sebagai ilmu yang mempelajari data.

UCI Departement of Statistics mengungkap pengertian statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan mengembangkan dan mempelajari metode untuk mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan data empiris. Manfaat utama dari pengertian statistika adalah menganalisis data dengan tepat, menginterpretasikan data, menarik kesimpulan, penyedia data kredibel, memprediksi keadaan, dan membantu mengambil keputusan tepat.

Pengertian statistika adalah bagian dari ilmu, sementara statistik adalah data yang diolah. Inilah mengapa pengertian statistika adalah bagian dari metode ilmiah untuk mempermudah pengolahan data dan penyelesai masalah paling baik. Metode yang digunakan dalam statistika adalah survei dan eksperimen. Sementara hasil dari metode ilmiah statistika adalah statistik.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian statistika lebih dalam, Sabtu (4/12/2021).


Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

<span>Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima</span>
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima


1. Pengertian Statistika Menurut Prof. Dr. Agus Irianto

Pengertian statistika adalah cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan memakai asumsi tertentu.

2. Pengertian Statistika Menurut Suntoyo Yitnosumarto

Pengertian statistika adalah sebuah informasi yang mana memakai metodologi serta cara-cara perhitungan dalam untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

3. Pengertian Statistika Menurut Ir. M. Iqbal Hasan, MM

Pengertian statistika adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk data mengenai tata cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

4. Pengertian Statistika Menurut Croxton dan Cowden

Pengertian statistika adalah metode yang diguankan mengumpulkan, mengolah serta untuk menyajikan dan juga menginterpresentasikan data yang berbentuk angka-angka.

5. Pengertian Statistika Menurut Anto Dajan

Pengertian statistika adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun atau yang sudah tersusun dalam bentuk table.

6. Pengertian Statistika Menurut Mood, Graybill & Boes

Pengertian statistika adalah metode ilmiah serta ada kaitan dengan percobaan, penyelidikan dan juga penarikan kesimpulan.

7. Pengertian Statistika Menurut Anderson & Bancroft

Pengertian statistika adalah ilmu serta seni perkembangan dan juga metode yang paling tepat dan efektif untuk pengumpulan, mentabulasikan serta menginterprestasikan data-data kuantitatif.

8. Pengertian Statistika Menurut Stoel Torrie

Pengertian statistika adalah cara maupun metode yang memberikan langkah-langkah  untuk menilai ketidak pastian dari kesimpulan yang bersifat induktif.

Pengertian Statistika Menurut Para Ahli Selanjutnya

9. Pengertian Statistika Menurut Supranto

Pengertian statistika adalah ilmu yang dalam hal ini mempelajari mengenai cara pengumpulan, penyajian, menganalisis data dan juga mengambil kesimpulan secara umum yang mana berdasarkan atas hasil dari penelitian menyeluruh yang sudah dilakukan.

10. Pengertian Statistika Menurut Modenhall

Pengertian statistika adalah bidang sains yang mana ada hubungannya dengan ekstrasi informasi pada sebuah data numerik dan dipakai untuk membuat keputusan pada suatu populasi yang mana data itu didapatkan.

11. Pengertian Statistika Menurut Kendal & Stuart

Pengertian statistika adalah cabang dari metode ilmiah yang mana ada kaitannya dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan cara mengukur sifat-sifat pada populasi yang ditemukan.

12. Pengertian Statistika Menurut Asher

Pengertian statistika adalah ada kaitannya dengan suatu langkah atau metode untuk menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.

13. Pengertian Statistika Menurut Marguerrite F. Hall

Pengertian statistika adalah suatu teknik yang mana dipakai dalam pengumpulan data, menganalisa, menyimpulkan serta mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

14. Pengertian Statistika Menurut Freund & Walpole

Pengertian statistika adalah sains untuk pengambilan suatu keputusan yang masih belum pasti.

15. Pengertian Statistika Menurut Sudjana

Pengertian statistika adalah pengetahuan yang ada kaitannya dengan teknik-teknik maupun cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data serta publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

16. Pengertian Statistika Menurut Sugiyono

Pengertian statistika adalah data serta alat. Secara luas, statistik yang mana hal ini suatu alat untuk menganalisis serta mengambil sebuah keputusan.

17. Pengertian Statistika Menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA

Pengertian statistika adalah cara dalam mengolah data serta menarik sebuah kesimpulan dan juga keputusan yang logis dari sebuah pengolahan data.

Contoh Statistika dan Statistik

<span>Ilustrasi belajar. Max Duzij/Unsplash</span>
Ilustrasi belajar. Max Duzij/Unsplash


Contoh statistika pada kehidupan sehari-hari:

1. Pengolahan data kependudukan kawasan tertentu untuk menentukan transisi demografi

2. Pengolahan data kependudukan wilayah tertentu untuk menentukan piramida penduduk dengan analisis cohort demografi

3. Menemukan rata-rata serta standar deviasi atas nilai ujian mahasiswa

4. Menemukan median usia penduduk pada suatu desa

5. Prediksi penduduk di masa depan dengan memanfaatkan proyeksi penduduk aritmatik

Contoh statistik pada kehidupan sehari-hari:

1. Data kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah tertentu

2. Data kependudukan dan perekonomian milik Badan Pusat Statistik (BPS)

3. Data kependudukan suatu desa melalui survei

4. Data belanja daerah dan anggaran pemerintah daerah milik Kementerian Keuangan (DPJK)

5. Data guna lahan kabupaten tertentu yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanahan

 



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.