Pengertian Keberagaman dalam Masyarakat, Bantu Lawan Diskriminasi - Bicara Penting

Latest

logo

Pengertian Keberagaman dalam Masyarakat, Bantu Lawan Diskriminasi

Pengertian Keberagaman dalam Masyarakat, Bantu Lawan Diskriminasi

ilustrasi toleransi (sumber: Unsplash)

Jakarta Pengertian keberagaman adalah memahami bahwa setiap individu adalah unik, dan mengakui perbedaan individu. Keberagaman secara luas mengacu pada banyak label demografis, seperti ras, jenis kelamin, dan usia. Pengertian keberagaman juga mencakup atribut yang tidak terlihat seperti status perkawinan, disabilitas, atau agama. 

Pengertian keberagaman bisa berarti banyak hal. Keragaman dari pengertian keberagaman ini merupakan bentuk keragaman itu sendiri. Pengertian keberagaman berkisar dari keadaan atau fakta yang beragam atau berbeda, hingga berbagai pendapat.

Dalam bermasyarakat, manusia hidup saling berdampingan. Masyarakat ini pastinya bersifat heterogen dan terdapat perbedaan-perbedaan di dalamnya. Memahami pengertian keberagaman bisa membantu menghargai perbedaan yang ada.

Berikut pengertian keberagaman, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(8/12/2021).


Pengertian keberagaman secara umum

<span>ilustrasi toleransi (sumber: Unsplash)</span>
ilustrasi toleransi (sumber: Unsplash)


Keberagaman berasal dari kata ragam yang berarti macam, jenis, warna, atau corak. Pengertian keberagaman adalah tentang memperhitungkan perbedaan antara orang dan kelompok orang, dan menempatkan nilai positif pada perbedaan itu.

Keberagaman secara luas mengacu pada banyak variabel demografis. Bidang keragaman yang terkenal termasuk ras, agama, warna kulit, jenis kelamin, kebangsaan, orientasi seksual, usia, pendidikan dan keterampilan. Keberagaman adalah tentang merayakan dan menghargai betapa berbedanya manusia.

Pengertian keberagaman sering digunakan untuk mendefinisikan keragaman yang ada dalam masyarakat. Pengertian keberagaman berarti mengakui bahwa tiap individu berbeda, dan menerimanya dengan penuh toleransi.

Pentingnya keberagaman

<span>Ilustrasi toleransi. (UNDP Ukraina/Oleksandr Ratushnyak)</span>
Ilustrasi toleransi. (UNDP Ukraina/Oleksandr Ratushnyak)


Konsep pengertian keberagaman mencakup penerimaan dan rasa hormat. Ini berarti memahami bahwa setiap individu adalah unik, dan mengakui perbedaan individu. Keanekaragaman adalah realitas yang diciptakan oleh individu dan kelompok dari spektrum yang luas dari perbedaan demografis dan filosofis.

Dengan memahami keberagaman, akan tercipta komunitas yang berorientasi pada keberhasilan, kooperatif, dan peduli. Ini kemudian menarik kekuatan intelektual dan menghasilkan solusi inovatif dari sinergi orang-orangnya. Keberagaman sangat terkait dengan pemajuan hak asasi manusia dan kebebasan, berdasarkan prinsip-prinsip seperti martabat dan rasa hormat.

Keberagaman adalah tentang mengenali, menghargai, dan mempertimbangkan latar belakang, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman orang yang berbeda. Pentingnya keberagaman adalah untuk mendorong dan menggunakan perbedaan tersebut untuk menciptakan kerja yang produktif dan efektif.

Perbedaan nilai, pendapat, dan gaya hidup seharusnya menjadi inspirasi untuk pengembangan diri daripada menjadi sumber konflik.

Sikap keberagaman

<span>Ilustrasi Toleransi Terhadap Sesama Credit: unsplash.com/KylieLugo</span>
Ilustrasi Toleransi Terhadap Sesama Credit: unsplash.com/KylieLugo


Menerapkan keberagaman dalam hidup bukan hanya sekadar menoleransi perbedaan. Pengertian keberagaman bisa membantu menghancurkan sikap diskriminasi. Keberagaman adalah seperangkat praktik sadar yang melibatkan:

- Memahami dan menghargai saling ketergantungan manusia, budaya, dan lingkungan alam.

- Melatih saling menghormati untuk kualitas dan pengalaman yang berbeda dari kita sendiri.

- Memahami bahwa keragaman tidak hanya mencakup cara menjadi tetapi juga cara mengetahui.

- Memahami bahwa diskriminasi pribadi, budaya dan institusional membentuk dan memberikan hak istimewa bagi beberapa orang sekaligus menciptakan dan memelihara kerugian bagi orang lain.

- Menjalin aliansi lintas keragaman sehingga dapat bekerja sama untuk menghancurkan segala bentuk diskriminasi.

Manfaat hidup dalam keberagaman

<span>Ilustrasi Toleransi Credit: pexels.com/Cres</span>
Ilustrasi Toleransi Credit: pexels.com/Cres


Kesadaran akan adanya budaya lain

Pengertian keberagaman berarti mengakui dan menerima adanya budaya lain. Ketika hidup dalam masyarakat yang sangat beragam, manusia menjadi lebih sadar akan identitas budaya. Mereka juga merasa perlu memahami perbedaan dan persamaan antara dirinya dengan orang lain yang berbeda latar belakang. Hidup dalam keberagaman, memperkaya komunitas melalui pengalaman bersama dengan orang yang berbeda.

Meningkatkan toleransi

Hidup dalam keberagaman berarti dikelilingi oleh orang-orang dengan latar belakang dan identitas budaya yang berbeda. Ini pada akhirnya bisa mendorong toleransi. Manfaat hidup dalam keberagaman adalah dapat meningkatkan rasa toleransi. Dari toleransi ini, maka pemahaman antar budaya juga bisa meningkat.

Manfaat hidup dalam keberagaman

<span>Ilustrasi Menerapkan Sikap Toleransi Credit: unsplash.com/PhilCoffman</span>
Ilustrasi Menerapkan Sikap Toleransi Credit: unsplash.com/PhilCoffman


Keterbukaan pikiran

Selain toleransi, hidup dalam pengertian keberagaman juga mendukung keterbukaan pikiran. Di tempat yang menghargai keberagaman, keterbukaan pikiran adalah nilai-nilai inti yang membuat tempat tersebut berkembang. Jika orang merasa diterima dan dihargai, mereka memiliki motivasi intrinsik untuk berkontribusi pada masyarakat.

Punya banyak pilihan gaya hidup

Salah satu manfaat utama hidup dalam keberagaman adalah adanya pertukaran ide, nilai, dan kebiasaan budaya. Ini dapat membantu orang meningkatkan kualitas hidup. Dalam budaya yang beragam, manusia memiliki banyak pilihan dalam memutuskan bagaimana ia ingin hidup. Ada berbagai peluang yang mengesankan untuk dijelajahi.

Manfaat hidup dalam keberagaman

<span>Ilustrasi Persatuan Credit: pexels.com/people</span>
Ilustrasi Persatuan Credit: pexels.com/people


Kreativitas dan inovasi

Hidup dalam keberagaman berarti memiliki kontak langsung dengan orang-orang dengan kebiasaan, ide, dan gaya hidup yang berbeda. Kondisi ini sangat ideal untuk kreativitas dan inovasi. Ketika hidup dalam keberagaman, manusia akan selalu dihadapkan pada cara-cara baru dalam melakukan sesuatu dan cara-cara baru dalam memandang sesuatu. Perpaduan perspektif, bakat, keterampilan, dan ide mendorong inovasi dan memberi ruang bagi pola pikir di luar kebiasaan.

Peningkatan produktivitas

Pengertian keberagaman dan inklusi menghasilkan produktivitas sebagai kemampuan untuk belajar dan tumbuh dari satu sama lain. Keberagaman berisi kumpulan bakat yang beragam secara budaya memungkinkan organisasi untuk menarik dan mempertahankan bakat terbaik. Tim yang beragam lebih produktif dan berkinerja lebih baik.

 



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.