Kumpulan Hoaks Pembagian Hadiah Terkini, dari Singapore Airlines sampai Pertamina - Bicara Penting

Latest

logo

Kumpulan Hoaks Pembagian Hadiah Terkini, dari Singapore Airlines sampai Pertamina

Kumpulan Hoaks Pembagian Hadiah Terkini, dari  Singapore Airlines  sampai Pertamina

Ilustrasi hoax. (via: istimewa)

Jakarta- Informasi pembagian hadiah beredar luas belakangan ini, pihak yang membagikan pun beragam dari maskapai penerbangan sampai Pertamina. Namun, sebaiknya kabar tersebut tidak langsung dipercaya sebelum dipastikan kebenarannya, hal ini untuk menghindari kita menjadi korban hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi pembagian hadiah yang beredar di tengah masyarat, hasilnya informasi tersebut tebukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks pembagian hadiah hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

 

1. Singapore Airlines Bagikan Uang Rp 2 Juta Dalam Rangka Ultah ke-50

Beredar melalui media sosial dan aplikasi percakapan pesan berantai yang mengklaim Singapore Airlines membagikan hadiah uang Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Dalam pesan berantai yang beredar terdapat link yang mengarah ke website tertentu. Saat diklik website itu berisi narasi sebagai berikut:

"Congratulations!Singapore Airlines 50th anniversary celebration! Through the questionnaire, you will have a chance to get 2000000 Rupiah "

atau dalam Bahasa Indonesia

"Selamat!Perayaan ulang tahun ke-50 Singapore Airlines! Melalui kuisioner, Anda berkesempatan mendapatkan 2000000 Rupiah"

Lalu benarkah pesan berantai yang mengklaim Singapore Airlines membagikan hadiah uang Rp 2 juta dalam rangka ulang tahun ke-50? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Tiktok Bagikan Giveaway Cek Rp 155 Juta

 Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai yang menyebut Tiktok membagikan cek sebesar Rp. 155 juta. Pesan berantai itu menyebar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu pesan berantai itu tersebar melalui pesan singkat atau SMS. Berikut narasi selengkapnya:

"SELAMAT NO. Anda

M-dptkan Cek; 155jta

Dri Giveway TIK-TOK 2021PIN, And (F577A79)

Info lanjut cek hbngi

WA 085796933141

klik; bit.ly/giveawaytiktok41"

Lalu benarkah pesan berantai yang menyebut Tiktok membagikan cek sebesar Rp. 155 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Uang Kaget Catut Nama Dompet Digital DANA

 Masih marak beredar di media sosial pesan berantai mencatut nama dompet digital Dana yang diklaim membagi uang tunai jika mengklik link tautan.

Program ini sering dikenal dengan sebutan program uang kaget yang menawarkan jumlah nominal mulai dari Rp 25 ribu, Rp 250 ribu, hingga Rp 1 juta.

Pesan berantai ini masih ramai disebarkan di media sosial. Salah satu yang memposting dan menyebarkannya pada platform Facebook.

Postingan tersebut lengkap menyematkan gambar tangkapan layar disertai narasi dan link tautan. 

Berikut isi narasi postingan tersebut:

"Lagi Sebar Duit lewat DANA Kaget nih! Cuma buat kamu yang paling gesit, sikat sekarang"

Lalu benarkah program uang kaget dilaksanakan resmi oleh pihak Dana? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

4. Tautan Situs Pembagian Hadiah Berkah Pertamina

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi situs pembagian hadiah berkah Pertamina. Informasi tersebut beredar di tengah masyarakat.

Informasi situs pembagian hadiah berkah Pertamina dibagikan berupa tautan berikut:

"bit.ly/my-pertamina147"

Tautan tersebut menampilkan halaman yang menampilkan klaim hadiah pemenang utama yaitu paket umroh, mobil dan sepeda motor.

Dalam halaman tersebut juga terdapat daftar nama pemenang hadiah disertai dengan kode identitas pin pemenang.

Benarkah informasi situs pembagian hadiah berkah Pertamina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.