Jokowi Akan Kunjungi Korban Terdampak Banjir Sintang Rabu 8 Desember - Bicara Penting

Latest

logo

Jokowi Akan Kunjungi Korban Terdampak Banjir Sintang Rabu 8 Desember

Jokowi Akan Kunjungi Korban Terdampak Banjir Sintang Rabu 8 Desember

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pernyataan tentang impor beras di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (26/3/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan melakukan kunjungan kerja Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu 8 Desember 2021. Jokowi akan meninjau langsung lokasi terdampak banjir di kabupaten tersebut.

"Iya, (ke) Sintang," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (6/12/2021).

Dia tak merinci apa saja agenda Jokowi di Kabupaten Sintang. Namun, Heru membenarkan kunjungan Jokowi ke Kabupaten Sintang untuk mengunjungi warga terdampak banjir serta menyerahkan bantuan kepada mereka.

"Revitalisasi sarana yang rusak (akibat bencana)," jelas dia.

Sebelumnya, Jokowi angkat bicara soal banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat dan wilayah sekitarnya selama hampir satu bulan terakhir.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Kerusakan di Hulu

Jokowi mengatakan, penyebab utama banjir Sintang lantaran ada kerusakan di bagian hulu pada area penangkapan hujan yang terjadi sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

"Banjir, ya itu kan karena kerusakan hulu, area daerah tangkapan hujan yang juga berpuluh-puluh tahun, dan itu harus kita hentikan karena memang masalah utamanya ada disitu," jelas Jokowi di Rangkasbitung, Banten, Selasa 16 November 2021.

Menurut dia, kerusakan tersebut menyebabkan volume air di Sungai Kapuas luber sehingga menenggelami wilayah di sekitarnya.

"Itu yang mesti kita perbaiki, nanti akan mulai mungkin tahun depan. Kita bangun persemaian, kemudian ada penghijauan kembali di daerah hulu-hulu di daerah tangkapan hujan," ujar Jokowi.

 



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.