Gempa NTT, Anak Masih Pakai Selang Infus Ikut Dievakuasi Keluar Rumah Sakit - Bicara Penting

Latest

logo

Gempa NTT, Anak Masih Pakai Selang Infus Ikut Dievakuasi Keluar Rumah Sakit

Gempa NTT, Anak Masih Pakai Selang Infus Ikut Dievakuasi Keluar Rumah Sakit

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Jakarta Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dua kali diguncang gempa pada Selasa, (14/12/2021). 

Lindu pertama terjadi di Larantuka, sekitar pukul 10.20 WIB dengan magnitudo 7,5. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  juga   sempat mengeluarkan peringatan tsunami. 

Sementara gempa magnitudo 5,5 kembali mengguncang NTT pada pukul 10.47 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, koordinat gempa 7.55 Lintang Selatan (LS) - 121.75 Bujur Timur (BT) atau 129 km Barat Laut Maumere-Sikka, NTT.

BMKG menyatakan, kedalaman gempa 10 kilometer. Lindu tidak berpontensi tsunami.

Gempa NTT membuat warga yang berada di lokasi terdampak panik. Dalam video detik-detik gempa NTT yang ditayangkan Liputan6.com terlihat sejumlah pasien salah satu rumah sakit terpaksa keluar menyelamatkan diri. Begitu juga dengan tenaga kesehatan yang tengah bertugas saat itu. 

(Simak videonya pada tautan ini)

Sejauh ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dan seberapa para kerusakan akibat kejadian ini. 

 


Antisipasi Gempa

<span>Gempa berkekuatan 5,6 skala richter kembali mengguncang Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Lindu mengguncang pada pukul 19.06....</span>
Gempa berkekuatan 5,6 skala richter kembali mengguncang Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Lindu mengguncang pada pukul 19.06....


Gempa merupakan kejadian alam yang sulit dihindari. Namun ada sejumlah langkah yang mungkin bisa dilakukan untuk sebagai langkah antisipasi  bila terjadi lindu. Apa saja?

- Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, seperti longsor atau likuefaksi. Evaluasi dan renovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

- Kenali lingkungan tempat Anda bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Ketahui juga di mana tempat paling aman untuk berlindung.

- Belajar melakukan P3K dan alat pemadam kebakaran.

- Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempabumi.

 

Selanjutnya

- Atur perabotan agar menempel kuat pada dinding untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempabumi.

- Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

- Selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

- Siapkan alat yang harus ada di setiap tempat: Kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

 



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.