Dorong Unit Pelayanan Primer, Kemenkes Targetkan USG di Semua Puskesmas - Bicara Penting

Latest

logo

Dorong Unit Pelayanan Primer, Kemenkes Targetkan USG di Semua Puskesmas

Dorong Unit Pelayanan Primer, Kemenkes Targetkan USG di Semua Puskesmas

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono

Boyolali - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menekankan pentingnya transformasi kesehatan Indonesia. Transformasi tersebut terdiri dari 6 pilar di mana pilar pertama adalah pelayanan kesehatan primer.

"Kalau bicara kesehatan tak lepas dari upaya yang dilakukan secara masif dan gotong royong. Saya ingin menekankan program yang sangat penting yakni layanan kesehatan primer yang dalam hal ini adalah puskesmas," ujar Dante dalam kunjungan kerja di Boyolali, Jawa Tengah Jumat (10/12/2021).

Puskesmas yang awalnya unit pelayanan primer akan didorong untuk bergeser jadi pelayanan masyarakat yang upaya promotif dan preventifnya lebih banyak. 

"Diharapkan program ini dilangsungkan dengan baik."

Walaupun ada COVID-19, layananan kesehatan dasar, penyuluhan, dan imunisasi harus tetap jalan. Pasalnya, unit pelayanan primer ini jadi ujung tombak.

 

 


USG di Puskesmas untuk Kurangi Risiko Kematian Ibu dan Bayi

Guna mencapai target tersebut, lajut Dante, akan dilakukan reorganisasi dan peningkatan fasilitas di puskesmas yang lebih mumpuni.

"Kami ingin agar Ultrasonografi (USG) ada di puskesmas, karena tingginya angka kematian ibu."

Dengan adanya USG di puskesmas maka penanganan kehamilan dapat dilakukan lebih dini. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko kematian ibu dan bayi karena jika ada masalah maka bisa ditangani sejak awal.

Apresiasi Penurunan Stunting di Boyolali

Dante juga menyampaikan program spesifik lain yang berkaitan dengan stunting.

Dalam kesempatan tersebut ia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Boyolali yang berhasil menurunkan kasus stunting.

"Laporan stunting di Boyolali semakin turun dan kami harapkan akan semakin turun. Penurunan stunting akan mencetak generasi unggul di masa depan. Kita bisa menciptakan manusia lebih sehat di masa mendatang."

Walau pandemi memengaruhi berbagai hal, tapi pandemi juga mengajarkan bahwa kesehatan jadi proritas di semua sektor, lanjutnya.

Menurutnya, masyarakat menjadi lebih peduli dan fokus ke masalah kesehatan, perusahaan dan Instansi juga.

"Karena kita sadari kesehatan ini kunci untuk transformasi di semua bidang," tutup Dante.



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.