Buka Forum Waralaba, Mendag Ungkap Industri Franchise Serap 628 Ribu Tenaga Kerja di 2020 - Bicara Penting

Latest

logo

Buka Forum Waralaba, Mendag Ungkap Industri Franchise Serap 628 Ribu Tenaga Kerja di 2020

Buka Forum Waralaba, Mendag Ungkap Industri Franchise Serap 628 Ribu Tenaga Kerja di 2020

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi didampingi Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana; Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta; dan Dirjen Dalam Negeri, Oke Nurwan mengunjungi ritel modern Tiara Dewata dan Beachwalk Shopping Center di Denpasar dan Badung, Bali, 25 September 2021.

Jakarta - Dampak pandemi COVID-19 terhadap dunia usaha, masih dirasakan hingga saat ini, termasuk pada sektor waralaba. Kondisi ini membuat para pelaku usaha waralaba harus mampu beradaptasi dengan kondisi new normal, di mana masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah.

Meskipun demikian, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, pelaku usaha harus tetap optimistis karena pada 2020, bisnis waralaba di Indonesia masih tetap dapat berkontribusi dalam penyerapan 628 ribu tenaga kerja dan mencatat omzet tidak kurang dari Rp 54,4 miliar.

Hal itu Mendag Lutfi sampaikan dalam sebuah pesan video yang disiarkan di acara Indonesia Franchise Forum, disiarkan secara virtual pada Selasa (7/12/2021).

"Pemerintah juga terus mendorong pengembangan bisnis waralaba dalam negeri, karena potensi pasar Indonesia yang besar dan menjanjikan," kata Mendag Lutfi.

"Saya sangat bangga bahwa saat ini Indonesia tidak lagi menjadi pasar bagi waralaba asing, karena waralaba lokal sudah menjadi tuan rumah dan menguasai pasar dalam negeri bahkan mulai merambah ke pasar regional," lanjutnya.

Mendag pun optimis dengan adanya kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, asosiasi waralaba di Indonesia dapat menguasai, menembus, dan bersaing di pasar global.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Gelaran BizFest 2021

<span>Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi</span>
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi


Kementerian Perdagangan menggelar Indonesia Franchise Forum dalam rangka membuka pergelaran BizFest 2021 yang mulai berlangsung hari ini (7/12) hingga 13 Desember mendatang.

Kegiatan BizFest 2021, digelar untuk mendorong bisnis franchise agar kembali maju sejak terkena dampak pandemi COVID-19.

Bekerja sama dengan Kemendag, acara ini melibatkan tiga asosiasi waralaba dan lisensi Indonesia, yaitu Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Perhimpunan Warlaba dan Lisensi Indonesia (WALI), dan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI).

"Saya mengucapkan selamat kepada Asosiasi Franchise Indonesia, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, serta Asosiasi Lisensi Indonesia dalam mendukung penyelenggaraan Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021," tutur Mendag.

"Melalui kegiatan Indonesia Franchise Forum dan BizFest 2021, kami berharap Bapak dan Ibu dapat memperoleh output yang positif dalam pengembangan bisnis waralaba Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri," tutupnya.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar, yang menyampaikan, ia mengharapkan Business Festival ini dapat mendorong peningkatan konsumsi yang akan menciptakan permintaan domestik dan pada gilirannya ini akan menarik para pelaku bisnis melakukan investasi dan berbagai kegiatan.

"sehingga membuat roda perekomonian Indonesia berputar dan mencapai pertumbuhan yang positif".



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.