Artis Inisial RN Terciduk Narkoba, Ini Bahaya Penyalahgunaan Obat-obatan - Bicara Penting

Latest

logo

Artis Inisial RN Terciduk Narkoba, Ini Bahaya Penyalahgunaan Obat-obatan

Artis Inisial RN Terciduk Narkoba, Ini Bahaya Penyalahgunaan Obat-obatan

Ilustrasi narkoba. (Sumber Pixabay)

Jakarta Seorang artis inisial RN kembali ditangkap karena masalah dugaan penyalahgunaan narkoba pada Senin, 13 Desember 2021 malam. Kabar tertangkapnya inisial RN menyebar melalui akun Instagram @lambeturah_official.

Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Mukti Juharsa membenarkan penangkapan, yang dilakukan pihaknya terhadap artis inisial RN yang ditangkap terkait narkoba. 

"Iya. diamankan oleh Polres Jaksel," kata Mukti Juharsa saat dikonfirmasi pewarta di Jakarta, Selasa (14/12/2021) terkait artis RN tertangkap narkoba.

Terlepas dari sosok di balik inisial RN, ada sejumlah bahaya mengenai penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan. Pertama, dehidrasi. Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan.

Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Kedua, halusinasi. Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba, seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan.

Mengutip laman Badan Narkotika Nasional, Selasa (14/12/2021), apabila pemakaian narkoba berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, Depresi, serta kecemasan terus-menerus.


Bahaya Narkoba bagi Kesehatan

<span>Petugas menunjukkan barang bukti dalam rilis pengungkapan jaringan narkoba internasional di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/12/2021). Narkotika tersebut didatangkan dari berbagai negara mulai dari China, Kongo, Afrika, Uganda, dan Kanada dan meringkus 34 tersangka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)</span>
Petugas menunjukkan barang bukti dalam rilis pengungkapan jaringan narkoba internasional di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/12/2021). Narkotika tersebut didatangkan dari berbagai negara mulai dari China, Kongo, Afrika, Uganda, dan Kanada dan meringkus 34 tersangka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)


Keempat, menurunnya tingkat kesadaran. Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun.

Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.

Kelima, kematian. Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, nyawa menjadi taruhannya.

Keenam, gangguan kualitas hidup. Bahaya narkoba bukan hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh, penggunaan obat-obatan tersebut juga bisa mempengaruhi kualitas hidup, misalnya susah berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah keuangan, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian jika terbukti melanggar hukum.

Infografis Artis Terjerat Narkoba

<span>Infografis Artis Terjerat Narkoba</span>
Infografis Artis Terjerat Narkoba




Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.