Apa itu Interpretasi? Ini Pengertian dan Bentuknya - Bicara Penting

Latest

logo

Apa itu Interpretasi? Ini Pengertian dan Bentuknya

Apa itu Interpretasi? Ini Pengertian dan Bentuknya

Ilustrasi diskusi | mentatdgt dari Pexels

Jakarta Apa itu interpretasi merupakan istilah yang sering digunakan sehari-hari. Interpretasi bisa menunjukkan pendapat, ekspresi, atau tindakan. Apa itu interpretasi bisa menjadi pendekatan untuk memahami sesuatu.

Apa itu interpretasi berakitan dengan penafsiran atau pembingkaian ulang. Interpretasi bisa menghasilkan penjelasan, makna, terjemahan, eksposisi, dan lainnya. Tiap orang bisa melakukan apa itu interpretasi.

Apa itu interpretasi biasanya merupakan hasil dari pengamatan karya atau ide. Apa itu interpretasi bisa berupa tindakan menafsirkan apa yang tidak jelas.

Berikut penjelasan mengenai apa itu interpretasi dan penggunaanya dalam beragam bidang ilmu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/12/2021).


Apa itu interpretasi?

<span>Ilustrasi presentasi | ThisIsEngineering dari Pexels</span>
Ilustrasi presentasi | ThisIsEngineering dari Pexels


Apa itu interpretasi adalah tindakan menjelaskan, membingkai ulang, atau menunjukkan pemahaman sendiri tentang sesuatu. Interpretasi mengharuskanmu untuk terlebih dahulu memahami karya musik, teks, bahasa, atau ide, dan kemudian memberikan penjelasan tentangnya.

Interpretasi adalah penjelasan yang dihasilkan dari menafsirkan sesuatu. Apa itu interpretasi tergantung pada kekuatan untuk menjelaskan. Interpretasi juga berarti suatu tindakan atau proses menerapkan prinsip-prinsip umum atau formula untuk penjelasan hasil yang diperoleh dalam kasus-kasus khusus.

Interpretasi berlangsung dalam banyak latar dan untuk banyak alasan, namun pada intinya tujuan dari interpretasi adalah untuk memfasilitasi komunikasi antara pihak-pihak yang tidak memiliki bahasa yang sama.

Arti interpretasi menurut kamus

<span>Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima</span>
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima


Interpretasi berasal dari bahasa Inggris, interpreter. Kata interpreter dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Latin interpres yang berarti 'penjelas', 'orang yang menjelaskan apa yang tidak jelas'.

Menurut KBBI, apa itu interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu. Secara singkat, interpretasi berarti penafsiran. Interpretasi bisa berarti tindakan atau hasil penafsiran.

Menurut Cambridge Dictonary, interpretasi adalah sebuah penjelasan atau pendapat atas sebuah arti. Menurut kamus Merriam-Webster, interpretasi adalah indakan atau hasil menjelaskan atau menafsirkan sesuatu. Ini merujuk pada cara sesuatu dijelaskan atau dipahami. Interpretasi bisa berarti adaptasi atau versi tertentu dari sebuah karya, metode, atau gaya.

Interpretasi dalam bahasa

<span>Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Ogun</span>
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Ogun


Interpretasi bahasa adalah fasilitasi dialog antara pihak-pihak yang menggunakan bahasa yang berbeda. Interpretasi bahasa bisa disebut juga penafsiran atau terjemahan. Interpretasi adalah kegiatan penerjemahan di mana seseorang menghasilkan terjemahan pertama dan terakhir atas dasar satu kali paparan ekspresi dalam bahasa sumber.

Apa itu interpretasi adalah aktivitas manusia purba yang mendahului penemuan tulisan. Dua mode interpretasi yang paling umum adalah interpretasi simultan, yang dilakukan pada saat paparan bahasa sumber, dan interpretasi berurutan, yang dilakukan saat jeda paparan ini.

Interpretasi estetika

<span>Ilustrasi Pameran Seni di Singapura | unsplash.com/@ninaz</span>
Ilustrasi Pameran Seni di Singapura | unsplash.com/@ninaz


Apa itu interpretasi dalam filsafat seni merupakan penjelasan dari arti dari beberapa karya seni. Sebuah interpretasi estetika mengekspresikan emosi atau pengalaman tertentu pemahaman yang paling sering digunakan dalam referensi untuk sebuah puisi, atau karya sastra, dan mungkin juga berlaku untuk sebuah karya seni visual, atau kinerja.

Interpretasi menyiratkan tugas sadar untuk memahami sebuah tulisan yang mungkin tidak jelas pada pandangan pertama atau yang mungkin menghargai pembacaan yang lebih dalam bahkan jika pada awalnya tampak sangat jelas.

Interpretasi musik

<span>Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/Burst</span>
Ilustrasi Mendengarkan Musik Credit: pexels.com/Burst


Dalam musik, apa itu interpretasi adalah proses seorang pemain memutuskan bagaimana menampilkan musik yang telah disusun sebelumnya. Interpretasi musik adalah penafsiran makna dari musik. Interpretasi dapat menghidupkan sebuah karya musik dan membuat artis menjadi sorotan jika dijalankan dengan baik.

Salah satu hal menarik tentang menjadi seorang musisi adalah ia dapat menampilkan karya yang sama yang telah dimainkan oleh ribuan musisi selama berabad-abad – sambil tetap mengomunikasikannya dengan cara yang membuatnya terdengar sangat unik.

Interpretasi filsafat

<span>ilustrasi Interpretasi filsafat/pexels</span>
ilustrasi Interpretasi filsafat/pexels


Apa itu interpretasi filosofis adalah tugas dari makna berbagai konsep, simbol, atau benda-benda di bawah pertimbangan. Filsafat secara intrinsik adalah interpretasi, tidak hanya dalam arti menafsirkan penulis lain, tetapi terutama menafsirkan pengalaman dan realitas.

Dua jenis interpretasi yang luas dapat dibedakan: interpretasi objek fisik, dan interpretasi konsep. Interpretasi konsep adalah konsep yang digunakan untuk membantu orang mengetahui, memahami, atau mensimulasikan subjek yang diwakili oleh model. Ini juga merupakan seperangkat konsep. Sebaliknya, model fisik adalah objek fisik, seperti model mainan yang dapat dirakit dan dibuat bekerja seperti objek yang diwakilinya.

Interpretasi logis

<span>Ilustrasi Pekerja Aktif dan Kreatif Credit: pexels.com/Christina</span>
Ilustrasi Pekerja Aktif dan Kreatif Credit: pexels.com/Christina


Dalam logika, apa itu interpretasi adalah pemberian makna pada simbol - simbol bahasa. Bahasa formal yang digunakan dalam matematika, logika, dan ilmu komputer teoretis didefinisikan hanya dalam istilah sintaksis, dan dengan demikian tidak memiliki arti apa pun sampai diberikan beberapa interpretasi. Studi umum tentang interpretasi bahasa formal disebut semantik formal.

Logika formal yang paling umum dipelajari adalah logika proposisional, logika predikat dan analog modalnya. Dalam konteks ini, interpretasi adalah fungsi yang menyediakan perluasan simbol dan untaian simbol dari bahasa objek.

 



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.