6 Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru - Bicara Penting

Latest

logo

6 Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

6 Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Presidensi G20 Indonesia secara virtual. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Selasa (7/12/2021) dijadwalkan akan bertolak menuju Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur dan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Namun, sebelum akhirnya meninjau langsung, Jokowi telah memberikan perintah kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta gubernur dan bupati.

"Bapak presiden sudah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers, Minggu 5 Desember 2021.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Jokowi pun turut menyampaikan rasa dukanya bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan sanak saudara.

Berikut 6 permintaan atau imbauan Jokowi terkait bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur dihimpun Liputan6.com:

 


1. Segera Ambil Tindakan Cepat Tangani Korban

<span>Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sidang Kabinet Pengarahan Presiden dan APBN 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 17 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)</span>
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Sidang Kabinet Pengarahan Presiden dan APBN 2022 di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 17 November 2021. (Dok Sekretariat Kabinet RI)


Presiden Joko Widodo memerintahkan bawahannya segera mengambil langkah tanggap darurat menanggulangi bencana erupsi Gunung Semeru.

Jokowi telah memberikan perintah kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta gubernur dan bupati.

"Bapak presiden sudah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers, Minggu 5 Desember 2021.

 

2. Berikan Layanan yang Dibutuhkan

<span>Presiden Joko Widodo atau Jokowi takjub melihat kiriman jeruk seberat 3 ton dari warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang tiba di Istana Negara Jakarta, Senin (6/12/2021). (tangkapan layar Youtube Sekretariat Preiden)</span>
Presiden Joko Widodo atau Jokowi takjub melihat kiriman jeruk seberat 3 ton dari warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang tiba di Istana Negara Jakarta, Senin (6/12/2021). (tangkapan layar Youtube Sekretariat Preiden)


Presiden Jokowi juga memerintahkan untuk memberikan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan pengungsi, serta perbaikan infrastruktur diselesaikan dalam waktu yang singkat.

"Bapak presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logisgik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat sangat singkat," ujar Pratikno.

 

3. Imbau Warga Ikutin Arahan Petugas dan Minta Kepala Daerah Siaga

<span>Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)</span>
Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)


Pratikno menuturkan, pemerintah mengimbau kepada masyarakat mengikuti arahan petugas di lapangan dan meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Indonesia memang berada dalam wilayah lingkaran api yang rawan aktivitas gunung berapi.

Para kepala daerah dan pejabat pemerintah juga diminta mengajak masyarakat selalu siaga dan bekerja sama mengantisipasi bencana ke depan.

"Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," ujar Pratikno.

 

4. Cari dan Temukan Serta Terus Bantu Korban

<span>Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam video sambutan di Opening Ceremony Presidensi G20, Rabu (1/12/2021) malam.</span>
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam video sambutan di Opening Ceremony Presidensi G20, Rabu (1/12/2021) malam.


Presiden Joko Widodo atau Jokowi, melalui akun Twitter pribadinya menyampaikan arahan taktis soal penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Jokowi menyatakan, telah memerintahkan Kepala BNPB, Basarnas, menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk melakukan langkah tanggap darurat dengan segera di lokasi bencana.

"Mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana," tulis Jokowi, Minggu 5 Desember 2021.

Jokowi menambahkan, bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur, juga harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

 

5. Sampaikan Duka Cita

<span>Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)</span>
Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)


Atas bencana ini, Jokowi menyampaikan rasa dukanya bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan sanak saudara.

Jokowi berdoa, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada semua.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka," tutup Jokowi.

 

6. Tinjau Langsung Lokasi

<span>Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat meninjau Gudang Beras Bulog , Jakarta, Rabu (25/2/2015). Pada kunjungan itu, presiden meresmikan penyaluran serentak beras miskin (raskin) dan operasi pasar beras tahun 2015. (Liputan6.com/Faizal Fanani)</span>
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat meninjau Gudang Beras Bulog , Jakarta, Rabu (25/2/2015). Pada kunjungan itu, presiden meresmikan penyaluran serentak beras miskin (raskin) dan operasi pasar beras tahun 2015. (Liputan6.com/Faizal Fanani)


Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). Jokowi direncanakan akan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Lumajang, dia dijadwalkan untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Usai peninjauan, Jokowi akan kembali ke Jakarta pada sore hari.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan Jokowi akan menyambangi lebih dari satu titik wilayah terdampak.

Jokowi dikabarkan bakal memastikan posko, dapur umum, dan rumah sakit beroperasi maksimal membantu warga terdampak bencana.

"Seharian akan di Lumajang dan sekitarnya. Adapun titik lokasi yang akan ditinjau, kemungkinan adalah posko yang akan didirikan oleh BNPB, gubernur dan TNI Polri, tentu juga dapur umum disiapkan menteri sosial yang jaraknya tak terlalu jauh, juga ada rumah sakit," jelas Heru kepada wartawan, Senin 6 Desember 2021.

Heru mengatakan Jokowi besok hadir tidak dengan tangan kosong. Jokowi juga akan memberikan bantuan langsung secara pribadi terhadap korban terdampak bencana.

"Pak presiden akan memberi bantuan dari Beliau langsung, untuk para korban Gunung Semeru erupsi," ucap Heru.

Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

<span>Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)</span>
Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)




Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.