12 Arti Telinga Kanan Berdenging Menurut Medis, Penyebab dan Faktor Risiko - Bicara Penting

Latest

logo

12 Arti Telinga Kanan Berdenging Menurut Medis, Penyebab dan Faktor Risiko

12 Arti Telinga Kanan Berdenging Menurut Medis, Penyebab dan Faktor Risiko

Ilustrasi telinga Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Jakarta Arti telinga kanan berdenging sering dikaitkan dengan pertanda atau firasat tertentu. Dalam kepercayaan tertentu, arti telinga berdenging bisa berarti ada seseorang yang membicarakan atau akan adanya kabar buruk. Arti telinga kanan berdenging bahkan ditafsirkan dalam primbon.

Terlepas dari arti telinga kanan berdenging dalam tafsiran mitos, arti telinga kanan berdenging juga bisa dijelaskan secara medis. Arti telinga kanan berdenging dalam konteks medis memiliki penyebab yang mendasarinya. Telinga berdenging dalam istilah medis disebut tinitus. 

Tinitus terjadi ketika secara sadar mendengar suara yang tidak berasal dari sumber manapun di luar tubuh. Ini bukan penyakit, tetapi gejala dari masalah yang mendasarinya. Tinitus bisa terjadi pada telinga kanan maupun kiri, atau keduanya.

Berikut arti telinga kanan berdenging menurut penjelasan medis, dirangkum Liputan6.com dari Mayo Clinic, Rabu(15/12/2021).


Penyebab telinga berdenging secara umum

<span>Ilustrasi Telinga Credit: freepik.com</span>
Ilustrasi Telinga Credit: freepik.com


Telinga berdenging atau tinitus terjadi ketika tubuh secara sadar mendengar suara yang tidak berasal dari sumber manapun di luar tubuh. Telinga berdenging bukan penyakit, tetapi gejala dari masalah yang mendasarinya. Kebisingan biasanya subjektif, artinya hanya orang yang menderita tinitus yang dapat mendengarnya.

Bentuk yang paling umum dari tinitus adalah dering yang stabil dan bernada tinggi. Ini bisa mengganggu, tetapi biasanya tidak menunjukkan kondisi yang serius. Arti telinga berdengin secara umum adalah kerusakan dan hilangnya sel-sel rambut sensorik kecil di koklea telinga bagian dalam. Sejumlah kondisi kesehatan dapat menyebabkan atau memperburuk tinnitus.

Arti telinga kanan berdenging umumnya memiliki penyebab yang sama dengan yang terjadi di sebelah kiri atau keduanya.

Arti telinga kanan berdenging

<span>Ilustrasi Gejala sakit telinga Credit: pexels.com/Derek</span>
Ilustrasi Gejala sakit telinga Credit: pexels.com/Derek


Gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran bisa menjadi arti telinga kanan berdenging. Melansir Mayo Clinic, ada sel rambut kecil dan halus di telinga bagian dalam (koklea) yang bergerak saat telinga menerima gelombang suara. Gerakan ini memicu sinyal listrik di sepanjang saraf dari telinga ke otak (saraf pendengaran). Jika rambut di dalam telinga bagian dalam terganggu, mereka dapat "membocorkan" impuls listrik acak ke otak. Ini pada akhirnya menyebabkan telinga berdenging.

Infeksi telinga atau penyumbatan saluran telinga

Infeksi telinga atau penyumbatan saluran telinga juga bisa menjadi arti telinga kanan berdenging. Saluran telinga bisa tersumbat oleh penumpukan cairan (infeksi telinga), kotoran telinga, kotoran atau benda asing lainnya. Penyumbatan dapat mengubah tekanan di telinga, menyebabkan tinitus.

Cedera kepala atau leher

Trauma kepala atau leher dapat memengaruhi telinga bagian dalam, saraf pendengaran, atau fungsi otak yang terkait dengan pendengaran. Cedera seperti itu biasanya menyebabkan tinnitus hanya pada satu telinga.

Arti telinga kanan berdenging

<span>Ilustrasi telinga (iStockphoto)</span>
Ilustrasi telinga (iStockphoto)


Obat-obatan

Sejumlah obat dapat menyebabkan atau memperburuk tinnitus. Umumnya, semakin tinggi dosis obat-obatan ini, tinnitus yang lebih buruk menjadi. Seringkali suara yang tidak diinginkan menghilang ketika berhenti menggunakan obat ini.

Penyakit Meniere

Telinga berdenging bisa menjadi indikator awal penyakit Meniere. Ini merupakan gangguan telinga bagian dalam yang mungkin disebabkan oleh tekanan cairan telinga bagian dalam yang tidak normal.

Disfungsi tuba eustachius

Dalam kondisi ini, tabung di telinga yang menghubungkan telinga tengah ke tenggorokan bagian atas tetap melebar sepanjang waktu, yang bisa membuat telinga terasa penuh.

Arti telinga kanan berdenging

<span>Ilustrasi telinga (Sumber: Unshplash)</span>
Ilustrasi telinga (Sumber: Unshplash)


Perubahan tulang telinga

Kekakuan tulang di telinga tengah (otosklerosis) dapat mempengaruhi pendengaran dan menyebabkan tinnitus. Kondisi ini, yang disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang tidak normal, cenderung diturunkan dalam keluarga.

Kejang otot di telinga bagian dalam

Otot-otot di telinga bagian dalam bisa tegang (kejang), yang bisa mengakibatkan telinga berdenging, gangguan pendengaran, dan rasa penuh di telinga. Ini kadang-kadang terjadi tanpa alasan yang dapat dijelaskan, tetapi juga dapat disebabkan oleh penyakit neurologis, termasuk multiple sclerosis.

Gangguan sendi temporomandibular (TMJ)

Masalah dengan TMJ, sendi di setiap sisi kepala di depan telinga, di mana tulang rahang bawah bertemu dengan tengkorak, dapat menyebabkan tinnitus.

Arti telinga kanan berdenging

<span>Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Pada Telinga Credit: pexels.com/Karolina</span>
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Pada Telinga Credit: pexels.com/Karolina


Neuroma akustik atau tumor kepala dan leher lainnya

Neuroma akustik adalah tumor non-kanker (jinak) yang berkembang pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian dalam dan mengontrol keseimbangan dan pendengaran. Tumor kepala, leher, atau otak lainnya juga dapat menyebabkan telinga berdenging.

Gangguan pembuluh darah

Kondisi yang memengaruhi pembuluh darah — seperti aterosklerosis, tekanan darah tinggi, atau pembuluh darah yang tertekuk atau cacat — dapat menyebabkan darah mengalir melalui pembuluh darah dan arteri dengan lebih kuat. Perubahan aliran darah ini dapat menyebabkan telinga berdenging atau membuat telinga berdenging lebih terlihat.

Kondisi kronis lainnya

Kondisi termasuk diabetes, masalah tiroid, migrain, anemia, dan gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis dan lupus semuanya telah dikaitkan dengan telinga berdenging.

Faktor risiko telinga berdenging

<span>Ilustrasi telinga bermasalah. (Dok. Karlyukav/ Freepik)</span>
Ilustrasi telinga bermasalah. (Dok. Karlyukav/ Freepik)


Paparan kebisingan yang keras

Suara keras, seperti suara dari alat berat, gergaji mesin, dan senjata api, adalah sumber umum gangguan pendengaran terkait kebisingan. Perangkat musik portabel, seperti pemutar MP3, juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran terkait kebisingan jika diputar dengan keras dalam waktu lama. Orang yang bekerja di lingkungan yang bising sangat berisiko mengalami telinga berdenging.

Usia

Seiring bertambahnya usia, jumlah serabut saraf yang berfungsi di telinga menurun. Ini bisa menyebabkan masalah pendengaran yang sering dikaitkan dengan telinga berdenging.

Faktor risiko telinga berdenging

<span>termometer telinga (timpani) (sumber: Unsplash)</span>
termometer telinga (timpani) (sumber: Unsplash)


Penggunaan tembakau dan alkohol

Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena telinga berdenging. Minum alkohol juga meningkatkan risiko telinga berdenging.

Masalah kesehatan tertentu

Obesitas, masalah kardiovaskular, tekanan darah tinggi, dan riwayat radang sendi atau cedera kepala semuanya meningkatkan risiko telinga berdenging.



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.