Tanggul Sungai Dawe di Kudus Jebol, Jalan dan Rumah Warga Tergenang Banjir - Bicara Penting

Latest

logo

Tanggul Sungai Dawe di Kudus Jebol, Jalan dan Rumah Warga Tergenang Banjir

Tanggul Sungai Dawe di Kudus Jebol, Jalan dan Rumah Warga Tergenang Banjir

Ilustrasi banjir. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kudus - Banjir menggenangi jalan dan rumah warga akibat tanggul Sungai Dawe di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, jebol karena tidak mampu menahan debit air yang meningkat saat hujan. 

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Budi Waluyo mengatakan, tanggul Sungai Dawe yang ada di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, jebol pada Selasa (30/11/2021) pukul 00.15 WIB.

Hujan dan jebolnya tanggul dengan panjang 15 meter dan tinggi sekitar satu meter di Desa Golantepus, membuat permukiman warga dan jalan utama desa tergenang.

Banjir juga terjadi di Desa Mejobo dan Desa Temulus. Banjir yang terjadi setelah hujan turun mengakibatkan rumah warga dan jalan desa tergenang di Mejobo dan menyebabkan jalan tergenang di Temulus.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Menanti Gerak Cepat Pemda

Menurut Anggota DPRD Kudus Sadiyanto, yang tinggal di Desa Mejobo, drainase yang sudah lama mengalami pendangkalan memperparah banjir yang terjadi saat hujan deras turun.

"Saya sendiri sudah mengusulkan adanya pemeliharaan saluran melalui pandangan fraksi-fraksi saat sidang paripurna DPRD Kudus dengan harapan airnya bisa mengalir dengan lancar," katanya.

"Kenyataannya, karena salurannya dangkal sehingga debit air yang tinggi mengakibatkan banjir. Terlebih hari ini dikabarkan ada tanggul sungai yang jebol," ia menambahkan.

Ia berharap pemerintah daerah segera mengatasi penyebab banjir di Desa Mejobo dan daerah sekitarnya.



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.