Tambah Agen Logistik, Bukalapak Luncurkan BukaSend untuk Mitra Bukalapak - Bicara Penting

Latest

logo

Tambah Agen Logistik, Bukalapak Luncurkan BukaSend untuk Mitra Bukalapak

Tambah Agen Logistik, Bukalapak Luncurkan BukaSend untuk Mitra Bukalapak

Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)

Jakarta - PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) meluncurkan fitur Agen BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak. Lewat fitur ini, para mitra Bukalapak dapat menjadi titik pengiriman dan penjemputan barang bagi sejumlah perusahaan logistik ternama di tanah air.

"Ini salah satu upaya yang dilakukan oleh Bukalapak untuk memberdayakan UMKM,” ujar Presiden Commerce & fintech Bukalapak, Victor Lesmana dalam Virtual Media Briefing Bukalapak, Selasa (30/11/2021).

BukaSend adalah fitur di Bukalapak yang dapat dimanfaatkan pengguna Bukalapak untuk mengirim paket tanpa perlu pergi ke agen pengiriman.

Melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. Seperti mendapatkan banyak pilihan jasa pengiriman, pembayaran secara aman, paket yang langsung dijemput oleh kurir, dan mendapatkan live tracking pengiriman.

Merujuk pada kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari banyak pulau, Victor menilai terdapat tantangan untuk industri logistik menjangkau seluruh daerah.

Di saat bersamaan, meningkatnya transaksi online turut meningkatkan kebutuhan logistik. Sementara titik sebar agen logistik masih terbatas. Sehingga dengan fitur BukaSend ini, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak daerah hingga ke pelosok tanah air melalui MItra Bukalapak. Sehingga juga bisa menekan biaya logistik dari daerah yang sebelumnya jauh dari agen pengiriman.

"Kita bisa membantu pemain logistik yang ada di Indonesia untuk memperluas jangkauan dari dari agen logistik mereka. Sehingga (Mitra Bukalapak) bisa jadi tempat drop poin yang melayani masyarakat sekitar dengan mudah dan tidak perlu investasi infrastruktur yang besar,” kata Victor.

“Itu akan jadi ekosistem atau simbiosis yang menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam ekosistem ini,” ia menambahkan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ada di Aplikasi Mitra Bukalapak

<span>Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)</span>
Ilustrasi Bukalapak (Dok: Bukalapak)


BukaSend sebelumnya ada di aplikasi marketplace Bukalapak. Namun fitur tersebut kini juga tersedia di aplikasi Mitra Bukalapak. Dengan begitu, Mitra Bukalapak kini bisa menjadi agen-agen pengiriman dan langsung menjadi drop point.

"Sejak kita luncurkan beberapa bulan terakhir, kita melihat pertumbuhan yang menggembirakan dari jumah agen BukaSend. Saat ini ada lebih dari 12.000 agen yang aktif melayani jasa pengiriman yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Victor.

Persebaran itu berada di lebih dari 400 kota yang ada di Indonesia. Dari fitur ini, Victor mengatakan Mitra Bukalapak berpotensi meraup tambahan penghasilan hingga Rp 14 juta.

Retention rate dari fitur ini mencapai 80 persen, artinya mayoritas Mitra Bukalapak menggunakan fitur BukaSend. Sehingga penyediaan agen logistik nantinya juga akan bertambah.

Daftar Mitra BukaSend Berikut adalah daftar beberapa mitra jasa pengiriman yang sudah tergabung di dalam BukaSend:

Grab

SiCepat

Lion parcel

JNE

JTR (JNE Trucking)

Ninja Anteraja J&T

 



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.