Potret 6 Tempat Aneh di India, Ada Museum Toilet Hingga Benteng Berhantu - Bicara Penting

Latest

logo

Potret 6 Tempat Aneh di India, Ada Museum Toilet Hingga Benteng Berhantu

Potret 6 Tempat Aneh di India, Ada Museum Toilet Hingga Benteng Berhantu

Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)

Jakarta Tempat unik di berbagai negara dunia tentunya menjadi tujuan para wisatawan. Selain kunjungi tempat yang sajikan pemandangan indah, tempat yang kental akan sejarah mempunyai daya tarik tersendiri.

India merupakan salah satu negara di dunia yang punya keunikan dan ciri khas tersendiri. Selain budayanya, tempat wisata dan tempat bersejarah di India selalu berhasil membuat seseorang yang datang secara langsung ataupun tidak menjadi berdecak kagum.

Selain Taj Mahal yang sangat dikenal oleh masyarakat dunia dan selalu menjadi tujuan utama ketika berkunjung ke India, rupanya ada tempat unik lainnya yang tak kalah unik dan menarik untuk dikunjungi.

Bahkan ada beberapa tempat unik di India tersebut yang mengajak sesorang untuk berjalan ke masa lalu dengan mengunjungi tempat perlindungan di mana orang-orang dari zaman prasejarah meninggalkan sebuah jejak.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang tempat unik di India yang jarang diketahui, Selasa (30/11/2021).


1. Museum Toilet

<span>Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)</span>
Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)


Museum biasanya menjadi tempat untuk menyimpan barang-barang bersejarah. Segala hal yang berkaitan dengan sejarah sebuah tempat ataupun sebuah negara, biasanya akan disimpan awet di dalam museum.

Namun, di India terdapat sebuah museum unik yakni Museum Toilet. Melansir dari Brightside, museum toilet tersebut merupakan museum internasional. Museum Internasional Sulabh memiliki koleksi fakta, gambar, dan objek langka dan mengesankan yang merinci evolusi bersejarah toilet dari 2500 SM hingga saat ini.

Saat mengunjungi Museum Toilet tersebut, seseorang akan menemukan toilet yang menyamar sebagai rak buku dan bahkan replika "tahta toilet" Raja Louis XIV. Pada tahun 2014, majalah Time bahkan memasukkan museum tersebut dalam daftar 10 museum teraneh di dunia.

2. Gereja dengan Mumi

<span>Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)</span>
Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)


Tempat unik sekaligus aneh selanjutnya di India adalah gereja yang di dalamnya terdapat mumi. Tentunya dapat dibayangkan bagaimana suasana di dalam geraja jika terdapat mumi di dalamnya.

Gereja dengan mumi tersebut menjadi salah satu gereja Katolik yang terletak di Goa, Basilica of Bom Jesus memiliki rahasia kecil. Rahasia kecil tersebut yakni seseorang akan menemukan mumi di dalamnya.

Melansir dari Brightside, jenazah manusia itu milik seorang misionaris, St. Fransiskus Xaverius, yang hidup 450 tahun yang lalu. Misteri di balik mumi adalah bahwa tubuh Santo Fransiskus tetap utuh tanpa bahan kimia bahkan setelah 5 abad.

3. Batu Berumur 66 Juta Tahun

<span>Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)</span>
Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)


Tempat unik sekaligus aneh selanjutnya adalah sebuah batu berumur 66 juta tahun yang terletak di Mumbai. Jika mengunjungi Mumbai, wisatawan dapat melihat salah satu keajaiban terbesar di India yakni Bukit Gilbert. Bukit Gilbert merupakan monolit berusia 66 juta tahun dan setinggi 200 kaki yang seluruhnya terbuat dari hitam.

Bukit Gilbert tersebut terbentuk setelah lava cair diperas keluar dari celah-celah di bumi selama Era Mesozoikum. Penduduk setempat menganggap Bukit Gilbert sebagai rahasia yang terpelihara dengan baik di tengah kota yang lebih tua dari segala sesuatu yang mengelilingi batu tersebut.

4. Benteng Berhantu

<span>Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)</span>
Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)


Benteng Berhantu merupakan salah satu tempat unik sekaligus aneh di India yang bikin penasarana jika berkunjung ke India. Benteng Berhantu adalah salah satu situs paling berhantu di India. Benteng Berhantu tersebut merupakan benteng Bhangarh yang dibangun pada abad ketujuh belas. Menurut legenda setempat, tempat itu ditinggalkan oleh orang-orang karena kutukannya.

Melansir dari Brightside, ada versi yang menjelaskan bahwa benteng tersebut dikutuk oleh seorang penyihir yang jatuh cinta dengan seorang putri yang tinggal di sana tetapi ditolak. Sementara dalam versi lainnya, benteng tersebut dikutuk oleh seorang penyihir yang jatuh cinta dengan seorang putri yang tinggal di sana tetapi ditolak.

Jika ingin datang Benteng Berhantu tersebut, pengunjung tidak diperbolehkan datang ke benteng setelah matahari terbenam.

5. Kuil Dipenuhi dengan Tikus

<span>Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)</span>
Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside)


Membayangkannya saja sudah membuat geli bukan? Kuil yang dipenuhi dengan tikus merupakan tempat unik sekaligus aneh selanjutnya yang terdapat di India. Pura Karni Mata tidak hanya sebagai tempat berdoa, tetapi juga menjadi rumah bagi sekitar 20.000 ekor tikus.

Menurut legenda di mana anak tiri Karni Mata (seorang pejuang wanita) meninggal, dia meminta dewa kematian untuk menghidupkannya kembali. Dewa akhirnya mengizinkan anak tiri dan anak laki-laki Karni Mata lainnya untuk bereinkarnasi sebagai tikus. Penduduk kecil yang disebut dengan tikus ini pun diberi makan oleh penduduk setempat dan dianggap suci.

6. Restoran Kuburan

<span>Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside dan Instagram/the_planet_is_waiting)</span>
Tempat Aneh di India. (Sumber: Brightside dan Instagram/the_planet_is_waiting)


Restoran kuburan merupakan tempat aneh sekaligus seram di India. Meski santap makanan dan berhadapan dengan kuburan, restoran tersebut tetap dikunjungi. The New Lucky Restaurant di India bukan hanya tempat untuk menikmati masakan lokal, tetapi juga bisa bersantap di hadapan orang yang sudah meninggal.

The New Lucky Restaurant disebut restoran kuburan karena dibangun di tengah kuburan tua. Jadi, alih-alih menghancurkan kuburan tersebut, pemiliknya memutuskan untuk meninggalkannya dan menyebarkan meja di sebelah peti mati. Sang pemilik berpikir bahwa kuburan membawa keberuntungan dan, karena itu, bisnisnya benar-benar berkembang.



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.