Hari Pahlawan, Anies Baswedan Kenang MH Husni Tamrin Tokoh asal Betawi - Bicara Penting

Latest

logo

Hari Pahlawan, Anies Baswedan Kenang MH Husni Tamrin Tokoh asal Betawi

Hari Pahlawan, Anies Baswedan Kenang MH Husni Tamrin Tokoh asal Betawi

Rencana pembukaan bioskop, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tegaskan pelaku usaha bioskop harus patuhi protokol kesehatan saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Dok Tim Komunikasi Publik Satgas COVID-19)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang sosok sosok Muhammad Husni (MH) Thamrin salah satu pahlawan asal Betawi. Kata Anies, MH Thamrin ikut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Muhammad Husni Thamrin seorang pahlawan asal Betawi yang hidupnya dihibahkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi di masa itu dan untuk ikhtiar Indonesia merdeka," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021).

Lanjut dia, untuk mengenang jasanya nama MH Thamrin diabadikan menjadi nama sebuah jalan utama di Jakarta. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta agar masyarakat dapat meneladani MH Thamrin yang sudah berjuang untuk kepentingan bangsa.

"Kami mengajak semuanya untuk mengambil keteladanan dari para pahlawan," ucapnya.

Selain itu, dia mengaku telah berziarah ke makam MH Thamrin di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

"Insya Allah ini akan jadi tradisi baru bahwa setiap tanggal 10 November ada kegiatan ziarah di TPU Karet Bivak, di sanalah Muhammad Husni Thamrin dimakamkan," ujar dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pahlawan Kekinian

Sementara itu, Anies menyatakan ada sejumlah orang yang dapat dianggap sebagai pahlawan kekinian yang mementingkan kepentingan bersama di atas dirinya. Seperti halnya saat pandemi Covid-19 yang terjadi hampir dua tahun.

"Kita merasakan sebuah krisis kesehatan yang berdampak pada ekonomi pada sosial budaya dan macam-macam. Dan pada masa inilah kita menyaksikan begitu banyak pahlawan-pahlawan, pribadi-pribadi yang memilih untuk menyelamatkan sesama," paparnya.

Kata dia, para pahlawan tersebut yakni para pribadi yang melakukan penanganan medis hingga pihak yang mengurus pemakaman. Lalu ada pula pihak yang memberikan pelayanan vaksinasi sampai yang menyiapkan aplikasi.

Lanjut Anies, dengan adanya aplikasi mempermudah masyarakat untuk melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19.

"Kita mungkin merasakan kenyamanan mau daftar vaksin begitu mudah mengisi aplikasi. Dibalik itu adalah orang-orang yang bekerja tak pernah terlihat tapi manfaatnya dirasakan oleh orang banyak. Itu pahlawan kita," jelas Anies.



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.