Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer, Ketahui Cara Kerjanya - Bicara Penting

Latest

logo

Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer, Ketahui Cara Kerjanya

Fungsi Switch dalam Jaringan Komputer, Ketahui Cara Kerjanya

Ilustrasi komputer | Christina Morillo dari Pexels

Jakarta Fungsi switch memiliki peran penting dalam sebuah jaringan. Switch merupakan istilah yang umum disebutkan dalam jaringan internet. Istilah switch juga sering digunakan dalam dunia kelistrikan. Namun, fungsi switch yang dibahas di sini adalah switch jaringan.

Fungsi switch bisa membantu menghubungkan perangkat komputer. Fungsi switch dapat dikategorikan dalam jenis perangkat keras jaringan komputer. Fungsi switch menghubungkan beberapa perangkat, seperti komputer, titik akses nirkabel, printer, dan server.

Fungsi switch dalam jaringan saat ini sangat penting untuk mendukung bisnis, menyediakan komunikasi, memberikan hiburan, dan banyak lagi. Fungsi switch membantu menghubungkan perangkat untuk tujuan berbagi sumber daya. Fungsi switch adalah blok bangunan utama untuk jaringan apa pun.

Berikut fungsi switch dalam jaringan komputer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(30/11/2021).


Switch dalam kelistrikan

<span>ilustrasi listrik (sumber: Freepik)</span>
ilustrasi listrik (sumber: Freepik)


Jika diterjemahkan, arti switch adalah saklar. Dalam kelistrikan, switch adalah komponen elektikal yang berfungsi untuk memberikan sinyal atau untuk memutuskan atau menyambungkan suatu sistem kontrol. Switch biasanya berupa komponen kontaktor mekanik yang digerakan karena suatu kondisi tertentu.

Switch adalah komponen yang mendasar dalam sebuah rangkaian listrik mauapun rangkaian kontrol sistem. Switch pada dasarnya adalah suatu alat yang dapat atau berfungsi menghubungkan atau memutuskan aliran listrik.

Switch dalam jaringan

<span>Ilustrasi jaringan teknologi. (iStockphoto)</span>
Ilustrasi jaringan teknologi. (iStockphoto)


Switch adalah perangkat dalam jaringan komputer yang menghubungkan perangkat lain bersama-sama. Beberapa kabel data dicolokkan ke sakelar untuk memungkinkan komunikasi antara perangkat jaringan yang berbeda.

Dalam jaringan, switch adalah perangkat keras jaringan bahwa perangkat menghubungkan pada jaringan komputer dengan menggunakan packet switching untuk menerima dan data ke depan untuk perangkat tujuan.

Melansir Techopedia, awitch dalam konteks jaringan, adalah perangkat berkecepatan tinggi yang menerima paket data yang masuk dan mengarahkannya ke tujuannya di jaringan area lokal (LAN).

Pada dasarnya, switch adalah polisi lalu lintas dari jaringan area lokal sederhana. Switching menetapkan lintasan untuk frame sebagai unit data, dan bagaimana data berpindah dari satu area jaringan ke yang lain.

Cara kerja switch

<span>Ilustrasi tipologi jaringan | Pixabay</span>
Ilustrasi tipologi jaringan | Pixabay


Melansir Networkworld, setelah perangkat terhubung ke switch, switch mencatat alamat kontrol akses media (MAC), kode yang dimasukkan ke dalam kartu antarmuka jaringan (NIC) perangkat yang dipasang ke kabel ethernet yang terpasang ke switch. Switch menggunakan alamat MAC untuk mengidentifikasi paket keluar perangkat yang dilampirkan yang sedang dikirim dan ke mana harus mengirimkan paket masuk.

Jadi alamat MAC mengidentifikasi perangkat fisik sebagai lawan dari alamat IP lapisan jaringan (Layer 3), yang dapat ditetapkan secara dinamis ke perangkat dan berubah seiring waktu.

Ketika sebuah perangkat mengirim paket ke perangkat lain, ia memasuki switch dan switch membaca headernya untuk menentukan apa yang harus dilakukan dengannya. Ini cocok dengan alamat atau alamat tujuan dan mengirimkan paket keluar melalui port yang sesuai yang mengarah ke perangkat tujuan.

Untuk mengurangi kemungkinan tabrakan antara lalu lintas jaringan yang pergi ke dan dari switch dan perangkat yang terhubung pada saat yang sama, sebagian besar switch menawarkan fungsionalitas dupleks penuh di mana paket yang datang dari dan pergi ke perangkat memiliki akses ke bandwidth penuh switch. koneksi. (Bayangkan dua orang berbicara di telepon seluler sebagai lawan dari walkie-talkie).

Fungsi switch

<span>Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)</span>
Ilustrasi Foto Jaringan Telpon Seluler atau HP 4G dan 5G. (iSrockphoto)


Switch paling sering digunakan sebagai titik koneksi jaringan untuk host di tepi jaringan. Switch menghubungkan segmen jaringan, menyediakan komunikasi dupleks penuh, data kinerja jaringan yang berharga, dan penggunaan bandwidth jaringan yang efisien.

Address learning

Untuk melakukan fungsi switch ini, switch mempelajari perangkat mana, yang disebut stasiun dalam standar, berada di segmen jaringan mana dengan melihat alamat sumber di semua bingkai yang diterimanya.

Looping avoidance

Looping adalah merupakan perputaran data yang terjadi di port switch. Switch bisa dipakai untuk mencegah terjadinya looping ketika menerima data yang tidak diketahui tujuannya. Tautan redundan antar switch adalah ide bagus karena membantu mencegah kegagalan jaringan total jika satu tautan berhenti berfungsi.

Meneruskan paket data frame

Switching menetapkan lintasan untuk frame sebagai unit data, dan bagaimana data berpindah dari satu area jaringan ke yang lain. Di samping ke alamat tujuan, penerusan data frame juga akan diteruskan ke alamat MAC serta port tertentu.

Fitur dan fungsi switch

<span>Ilustrasi Jurusan Ilmu Komputer Credit: pexels.com/ThisisEngineering</span>
Ilustrasi Jurusan Ilmu Komputer Credit: pexels.com/ThisisEngineering


Daftar lengkap fitur dan fungsi switch jaringan akan bervariasi tergantung pada pabrikan switch dan perangkat lunak tambahan apa pun yang disediakan, tetapi secara umum switch akan menawarkan kepada para profesional kemampuan untuk:

- Mengaktifkan dan menonaktifkan port tertentu pada sakelar.

- Konfigurasikan pengaturan untuk dupleks (setengah atau penuh), serta bandwidth.

- Tetapkan tingkat kualitas layanan (QoS) untuk port tertentu.

- Aktifkan pemfilteran MAC dan fitur kontrol akses lainnya.

- Siapkan pemantauan perangkat SNMP, termasuk kesehatan tautan.

- Konfigurasikan pencerminan port, untuk memantau lalu lintas jaringan.



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.