Doktrin adalah Ajaran, Kenali Pengertiannya dalam Berbagai Bidang - Bicara Penting

Latest

logo

Doktrin adalah Ajaran, Kenali Pengertiannya dalam Berbagai Bidang

Doktrin adalah Ajaran, Kenali Pengertiannya dalam Berbagai Bidang

Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima

Jakarta Doktrin adalah istilah yang berkaitan dengan ajaran tertentu. Istilah doktrin sering terdengar jika muncul ajaran-ajaran yang terkait dengan agama dan kepercayaan. Doktrin juga sering digunakan untuk memantapkan keyakinan seseorang terhadap satu hal.

Doktrin adalah bagian dari penegasan suatu kebenaran. Doktrin adalah kata yang sering digunakan dalam konteks agama, hukum, politik, hingga militer. Doktrin adalah istilah untuk menegaskan apa yang biasanya benar.

Doktrin adalah konsep yang dapat digunakan untuk merujuk pada hal-hal yang telah diajarkan. Doktrin adalah hal yang mengacu pada ajaran atau prinsip tertentu. Tujuan doktrin adalah menunjukkan kebenaran terhadap suatu ajaran.

Berikut penjelasan mengenai doktrin, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (29/11/2021).


Asal kata

<span>Ilustrasi guru mengajar. Sumber:pexels.com</span>
Ilustrasi guru mengajar. Sumber:pexels.com


Doktrin berasal dari bahasa Latin, doctrina yang berarti "pengajaran, instruksi". Menurut Vocabulary, kata doktrin dan doktor berasal dari satu kata latin docere yang berarti mengajar. Doctor berarti guru, dan doctrina berarti mengajar.

Menurut KBBI, doktrin adalah ajaran tentang asas suatu aliran politik atau keagamaan. Doktrin juga berarti pendirian segolongan ahli ilmu pengetahuan, keagamaan, ketatanegaraan secara bersistem, khususnya dalam penyusunan kebijakan negara.

Menurut Cambridge Dictonary, doktrin adalah sebuah keyakinan atau seperangkat keyakinan, khususnya politik atau agama yang diajarkan dan diterima oleh tertentu kelompok. Menurut Merriam Webster, doktrin adalah prinsip, posisi atau kumpulan prinsip dalam cabang pengetahuan atau sistem kepercayaan.

Pengertian doktrin

<span>Ilustrasi Pengertian doktrin Credit: pexels.com/pixabay</span>
Ilustrasi Pengertian doktrin Credit: pexels.com/pixabay


Secara umum, doktrin adalah sesuatu yang diajarkan. Doktrin adalah sebuah prinsip atau seperangkat prinsip-prinsip yang diikuti oleh kelompok tertentu atau dalam situasi tertentu. Doktrin dapat meliputi kodifikasi keyakinan atau kumpulan ajaran atau instruksi, prinsip atau posisi yang diajarkan.

Doktrin dijadikan esensi ajaran dalam cabang pengetahuan tertentu atau dalam sistem kepercayaan. Bisa diartikan, doktrin adalah ajaran yang bersifat mendorong sesuatu seperti memobilisasinya. Doktrin adalah pendapat atau pendirian ilmiah yangdisusun dan dikemukakan secara rasionaldan dapat meyakinkan orang lain.

Dalam kebijakan pemerintah, doktrin adalah pernyataan kebijakan dasar pemerintah khususnya dalam hubungan internasional. Dalam ilmu hukum, doktrin adalah prinsip hukum yang ditetapkan melalui keputusan masa lalu. Dalam militer, doktrin adalah prinsip militer atau serangkaian strategi.

Doktrin dalam agama

<span>Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa. (Photo by Ben White on Unsplash)</span>
Ilustrasi kristiani, membaca Alkitab, berdoa. (Photo by Ben White on Unsplash)


Dalam agama atau keyakinan doktrin adalah penjelasan dan versi resmi ajaran agama yang dapat diterima. Doktrin dalam teologi adalah istilah umum untuk komponen teoretis dari pengalaman religius. Ini menandakan proses mengkonseptualisasikan wawasan-wawasan dasar—seringkali pengalaman atau intuitif—dari iman komunitas agama untuk mendukung keyakinan yang dipahami secara rasional.

Doktrin agama adalah suatu ajaran yang didasarkan pada suatu agama tertentu dengan nilai dan norma yang ada di dalam agama tersebut. Doktrin agama cenderung dicirikan oleh tujuan praktisnya.

Menurut sosiolog Mervin Verbit, doktrin dapat dipahami sebagai salah satu komponen kunci dari religiusitas.Dia membagi doktrin ke dalam empat kategori: isi, frekuensi (sejauh mana doktrin itu dapat memenuhi pikiran seseorang), intensitas dan sentralitas. Masing-masing dapat bervariasi dari satu agama ke agama berikutnya, dalam tradisi agama itu.

Doktrin dalam hukum

<span>Ilustrasi hukum | Pixabay</span>
Ilustrasi hukum | Pixabay


Dalam ilmu hukum, doktrin adalah aturan atau prinsip yang memiliki sejarah panjang dalam hukum sehingga para ahli hukum dan cendekiawan memberi mereka label "doktrin". Doktrin dalam hukum adalah aturan penting tunggal atau seperangkat aturan yang diikuti secara luas di bidang hukum.

Sebuah doktrin hukum adalah kerangka kerja, menetapkan aturan, prosedural langkah, atau tes, sering ditetapkan melalui preseden dalam hukum umum. Sebuah doktrin muncul ketika seorang hakim membuat keputusan di mana sebuah proses digariskan dan diterapkan, dan memungkinkan untuk itu diterapkan secara setara pada kasus-kasus serupa.

Doktrin dalam politik

<span>Ilustrasi Debat Politik Credit: unsplash.com/Evangeline</span>
Ilustrasi Debat Politik Credit: unsplash.com/Evangeline


Doktrin politik adalah kebijakan, posisi atau prinsip yang dianjurkan, diajarkan atau diberlakukan mengenai perolehan dan pelaksanaan kekuasaan untuk memerintah atau mengatur dalam masyarakat. Istilah doktrin politik terkadang disalahartikan dengan ideologi politik. Namun, doktrin tidak memiliki aspek aksi dari ideologi.

Doktrin terutama merupakan wacana teoretis, yang "mengacu pada sejumlah pernyataan yang koheren tentang topik tertentu yang seharusnya" Bernard Crick). Doktrin politik didasarkan pada seperangkat nilai yang dielaborasi secara rasional, yang mungkin mendahului pembentukan identitas politik itu sendiri . Ini berkaitan dengan orientasi filosofis pada tingkat meta-teoritis.

Doktrin dalam militer

<span>Ilustrasi militer (Pixabay)</span>
Ilustrasi militer (Pixabay)


Doktrin militer adalah ekspresi bagaimana kekuatan militer berkontribusi pada kampanye, operasi besar, dan pertempuran. Doktrin militer adalah panduan untuk bertindak, daripada menjadi aturan yang keras dan cepat. Doktrin memberikan kerangka acuan umum di seluruh militer.

Doktrin adalah prinsip-prinsip dasar yang digunakan oleh pasukan militer untuk memandu tindakan mereka dalam mendukung tujuan. Doktrin menghubungkan teori, sejarah, eksperimen, dan praktik. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan inisiatif dan pemikiran kreatif.



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.