Belanja Produk UMKM oleh Pemerintah Capai 70 Persen - Bicara Penting

Latest

logo

Belanja Produk UMKM oleh Pemerintah Capai 70 Persen

Belanja Produk UMKM oleh Pemerintah Capai 70 Persen

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Penandatanganan MoU Dengan Ekosistem Pendukung BCS di Kabupaten Badung, Bali, Minggu (31/10/2021). (Dok KemenkopUKM)

Jakarta Pemerintah terus mendukung UMKM kembali bangkit. Caranya, dengan membeli produk UMKM dalam belanja anggaran pemerintah.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Teten Masduki menyebut realisasi belanja pemerintah membeli produk UMKM telah mencapai 70 persen dari target Rp 447,28 triliun.

Hal ini sebagai amanat dari Presiden Joko Widodo yang meminta 40 persen pengadaan barang dan jasa di kementerian/lembaga harus membeli produk UMKM.

"Saat ini sudah terealisasi sebesar 70 persen," kata Teten dalam launching Etalase Digital Produk UMKM Ber-SNI, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Selain itu, dukungan lain yang diberikan melalui penyediaan infrastruktur publik kepada UMKM. Semisal di pelabuhan, bandar udara, stasiun kereta api dan rest area harus menyediakan untuk UMKM.

"30 persen harus buat UMKM," ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kerjasama Libatkan UMKM

<span>Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.</span>
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.


Di sisi lain, pemerintah juga telah membuat skema kerja sama yang melibatkan UMKM. Ada kemitraan UMKM dengan usaha besar, perusahaan BUMN dan pihak swasta.

Beberapa di antaranya kerja sama pemerintah dengan IKEA, yakni peritel khusus perabot rumah tangga dari Swedia. Lalu Uniqlo, MNC dan lainnya. Kerja sama ini dibangun dalam rangka memasarkan produk-produk Indonesia baik di pasar domestik maupun pasar global.

"Ini supaya produk kita bisa masuk rantai pasok," kata dia.

Di sisi lain, cara ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah produk UMKM yang diekspor. Sebab saat ini produk ekspor UMKM Indonesia masih dibawah ekspor migas atau komoditas sumber daya alam lainnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.