Apa Itu Media? Simak Pengertian Para Ahli, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya - Bicara Penting

Latest

logo

Apa Itu Media? Simak Pengertian Para Ahli, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Media? Simak Pengertian Para Ahli, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Ilustrasi Menonton Film Credit: freepik.com

Jakarta Apa itu media adalah alat yang umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Apa itu media adalah bentuk perantaran yang digunakan untuk memengaruhi alat indra pendengaran, penglihatan, peraba, atau kombinasi. 

Berdasarkan asal mula katanya, apa itu media berasal dari bahasa latin medius. Medius dari apa itu media dapat dimaknai tengah, perantara, dan pengantar. Secara etimologi, media adalah bentuk jamak dari medium yang berarti perantara atau pengantar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa itu media adalah alat, sarana komunikasi, perantara, dan penghubung. Peranan apa itu media adalah merangsang pikiran, perasaan, minat, perhatian, persetujuan, penolakan, dan pengetahuan. Media sangat berperan untuk pendidikan, bisnis, dan dunia seni.

Berikut Liputan6.com ulas tentang apa itu media lebih dalam, Minggu (21/11/2021).


Apa Itu Media Menurut Para Ahli

<span>Ilustrasi smartphone dan laptop | Oleg Magni dari Pexels</span>
Ilustrasi smartphone dan laptop | Oleg Magni dari Pexels


1. Ahmad Rohani

Apa itu media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra manusia, yang berfungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

2. Briggs

Apa itu media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.

3. Arsyad

Apa itu media adalah dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan, dari pengirim pesan ke penerimanya. Media disini dapat berupa suatu bahan (software) dan/ atau suatu alat (hardware).

4. Robert Heinich

Apa itu media adalah sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi.

5. Miarso

Apa itu media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar.

6. Schramm

Apa itu media adalah teknologi pembawa informasi atau pesan instruksional yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar dan dibaca.

7. Association of Education and Communication Technology (AECT)

Apa itu media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi.

8. Blake dan Horalsen

Apa itu media adalah saluran komunikasi (baca juga: komunikasi yang efektif). Digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.

9. Leslie J. Briggs

Apa itu media adalah alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi. Dapat berupa buku, video recorder, tape recorder, kaset, video kamera, gambar, grafik, televisi atau komputer.

10. National Education Asociation (NEA)

Apa itu media adalah sarana komunikasi, baik dalam bentuk cetak maupun audio visual. Mencakup teknologi perangkat lunak dan perangkat kerasnya.

11. Purnamawati dan Eldarni

Apa itu media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.

12. Sadiman

Apa itu media adalah mencakup segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan/mengirimkan pesan kepada penerima pesan, sehingga siswa dapat dirangsang pikiran, perasaan, minat, atau perhatiannya dalam proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.

13. Degeng

Apa itu media adalah komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada pembelajaran bisa berupa alat, bahan dan orang.

14. Blake Dan Horalsen

Apa itu media adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara sumber “pemberi pesan” dengan penerima pesan.

15. Santoso S. Hamijaya

Apa itu media adalah segala bentuk perantara yang dipakai seseorang untuk menyebarkan ide, agar ide tersebut sampai pada penerimanya.

Fungsi Apa Itu Media dan Jenis-Jenisnya

<span>Ilustrasi laptop | Vlada Karpovich dari Pexels</span>
Ilustrasi laptop | Vlada Karpovich dari Pexels


Fungsi Apa Itu Media

1. Fungsi apa itu media adalah untuk sumber informasi dan pengetahuan.

2. Fungsi apa itu media adalah mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan kemampuan indra manusia.

3. Fungsi apa itu media adalah sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan dengan lebih gamblang.

4. Fungsi apa itu media adalah untuk hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial yang dialami seseorang.

5. Fungsi apa itu media adalah sarana pendidikan yang memudahkan segala metode pembelajaran.

6. Fungsi apa itu media adalah pengawasan dan kontrol sosial tertentu.

7. Fungsi apa itu media adalah mencari perhatian khalayak.

8. Fungsi apa itu media adalah memengaruhi khalayak.

9. Fungsi apa itu media adalah menunjukkan eksistensi.

10. Fungsi apa itu media adalah tempat menyampaikan pesan tertentu.

Jenis-Jenis Media

1. Media Visual

Media visual adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Biasanya memanfaatkan alat proyeksi atau proyektor sebagai perantara. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk visual.

Jenis media visual dibedakan menjadi dua yaitu media visual diam dan media visual gerak. Keduanya bisa dikombinasikan atau digunakan salah satunya.

Selain itu, fungsi media visual juga berguna untuk menarik perhatian, memperjelas materi yang disajikan, menggambarkan fakta yang mungkin dapat dengan mudah dicerna dan diingat dalam bentuk visual.

2. Media Audio

Media audio dapat digunakan untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran.

Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi).

Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

3. Media Audio Visual

Media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Jenis media ini lebih menarik dibanding visual saja atau audio saja. Kombinasi untuk merangsang indra pendengaran dan penglihatan.

Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak.

Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

 



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.