Tepung Maizena adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya - Bicara Penting

Latest

logo

Tepung Maizena adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya

Tepung Maizena adalah Tepung dari Pati Jagung, Ketahui Kegunaannya

Ilustrasi Tepung Maizena Credit: pexels.com/pixabay

Jakarta Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Tepung maizena adalah hasil dari pati yang terkandung dalam jagung. Pati jagung berbeda dengan tepung jagung yang kandungan bahan kimianya masih lengkap.

Pati tersusun paling sedikit oleh tiga komponen utama yaitu amilosa, amilopektin, dan material antara seperti protein dan lemak. Tepung maizena pada umumnya mengandung 74-76% amilopektin dan 24-26% amilosa. Beberapa sifat pati jagung adalah mempunyai rasio yang tidak manis, tidak larut pada air dingin tetap dalam air panas dapat membentuk gel yang bersifat kental sehingga dapat mengatur tekstur dan sifat gelnya.

Tepung maizena sering dijadikan bahan masakan seperti kue, maupun masakan sehari-hari. Tak hanya itu, tepung maizena juga memiliki manfaat lain untuk kehidupan sehari-hari yang bahkan jarang diketahui banyak orang.

Berikut ini penjelasan mengenai tepung maizena dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021).


Apa Itu Tepung Maizena

<span>Tepung Maizena.</span>
Tepung Maizena.


Tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari pati biji jagung. Pati berbeda dengan tepung, tepung mempertahankan kandungan lengkap suatu bahan baku, misalnya saja tepung jagung menggunakan seluruh biji jagung yang dihaluskan.

Sedangkan pati jagung atau tepung maizena adalah tepung pati yang diendapkan dan diambil endapannya atau pastanya. Endapan tersebut kemudian dikeringkan hingga memiliki kadar air yang cukup rendah. Dari prosesnya tepung maizena berbeda dari tepung jagung meski memiliki bahan baku dasar yang sama yaitu jagung. Hal inilah yang nantinya juga mempengaruhi tekstur suatu makanan.

Kandungan Tepung Maizena

<span>Tepung maizena. (huffingtonpost.com)</span>
Tepung maizena. (huffingtonpost.com)


Sebagaimana yang kita ketahui jagung merupakan salah satu buah palawija yang memang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam. Sebut saja Vitamin A, B1, B2, B3 hingga Vitamin C. Selain itu juga mengandung beragam mineral penting bagi tubuh seperti misalnya kalsium, fosfor dan kalium.

Dalam tepung maizena terdapat 27% amilosa dan amilopektin 73%. kadar amilosa yang tinggi ini dapat berpengaruh dalam pembentukan gel yang kuat dan kaku, sedangkan amilopektin sangat bagus untuk mencegah terjadinya granula pecah akibat gelatinisasi. Hebatnya lagi, tepung maizena juga dikenal sebagai tepung yang rendah gula, bebas gluten serta tidak mengandung lemak sehingga aman bagi kesehatan dan bagi yang sedang menjalani program diet.

Kegunaan Tepung Maizena

<span>(foto: boldsky.com)</span>
(foto: boldsky.com)


Berikut ini kegunaan tepung maizena dalam kehidupan sehari-hari yang dibagi menjadi tiga, yaitu kegunaan untuk bahan masakan, untuk kesehatan tubuh, dan kegunaan lain dalam kehidupan sehari-hari. Ini penjelasannya.

Sebagai Bahan Masakan

Berikut ini beberapa kegunaan tepung maizena dalam masakan antara lain:

  1. Bahan campuran dalam pembuatan kue kering, biskuit, dan makanan bayi. Hal ini karena tepung maizena membantu mengikat kandungan air dalam adonan sehingga membuat kue atau biskuit menjadi lebih garing.
  2. Ingin membuat gorengan yang memiliki tekstur garing dan renyah, maka tambahkan saja tepung maizena ke dalam adonan dan lihat hasilnya.
  3. Saat memasak anda pernah menemukan bahan yang bernama 'corn syrup'. Sirup ini bisa dibuat dari tepung maizena. Hadirnya sirup ini dalam resep kue bisa membantu untuk melembutkan dan mengembangkan adonan kue anda.
  4. Sifatnya yang mengikat cairan juga bisa berguna untuk membantu adonan agar lebih mudah dibentuk. Jadi jika anda merasa adonan anda terlalu lembek atau susah untuk dibentuk sesuai selera. Tambahkan saja tepung maizena.
  5. Selain digunakan dalam masakan, tepung ini juga dapat diolah menjadi bioplastik dan bahan anti lengket dalam produk kesehatan.


Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.