Target Inklusi Keuangan 90 Persen, Seluruh Anak SMP Bakal Punya Tabungan Digital - Bicara Penting

Latest

logo

Target Inklusi Keuangan 90 Persen, Seluruh Anak SMP Bakal Punya Tabungan Digital

Target Inklusi Keuangan 90 Persen, Seluruh Anak SMP Bakal Punya Tabungan Digital

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam pembukaan OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10/2021).

Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengejar target indeks inklusi keuangan nasional bisa mencapai 90 persen pada 2024. Pihak otoritas ingin segenap komponen masyarakat memiliki tabungan digital, termasuk para anak sekolah sejak di tingkat SMP.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengutarakan, berdasarkan hasil survei OJK pada 2018, angka indeks inklusi keuangan di Indonesia tercatat naik sejak transformasi digital tumbuh di tengah masyarakat.

"Hadirnya digital sudah memberikan bahwa inklusi keuangan kita sudah meningkat besar, dimana tahun 2019 sudah tercatat 76,19 persen," kata Wimboh dalam pembukaan OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10/2021).

Wimboh menyatakan, OJK pun yakin target inklusi keuangan 90 persen pada 2024 sesuai arahan Presiden Joko Widodo bisa terlaksana.

"Dengan hadirnya digitalisasi ini kita ingin menyampaikan seluruh anak SMP sudah harus masuk ke dalam ekosistem tabungan yang berbasis digital," ujar dia.

 

 

 

 


Proaktif

<span>Pembukaan OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10/2021) yang dihadiri Presiden Joko Widodo.</span>
Pembukaan OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10/2021) yang dihadiri Presiden Joko Widodo.


Kendati begitu, ia menambahkan, OJK akan selalu proaktif untuk memitigasi berbagai risiko yang mungkin muncul dari target inklusi keuangan digital tersebut. Salah satunya fenomena cyber crime yang kini marak terjadi lewat kasus pinjaman online atau pinjol ilegal.

"Sehingga cyber security harus kami tingkatkan, dan juga bagaimana juga perlindungan data pribadi menjadi perhatian. Kami tentunya bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan agar masyarakat dapat terlindungi dengan berbagai risiko tadi," tuturnya.

Dalam sambutan sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menitip pesan khusus kepada Otoritas Jasa Keuangan selaku regulator untuk mampu mengejar target literasi keuangan Indonesia di 2024 mendatang.

Seperti diketahui, Jokowi menargetkan indeks inklusi keuangan Indonesia harus mencapai 90 persen.

"Saya titip kepada OJK dan para pelaku usaha dalam ekosistem ini untuk memastikan inkusi keuangan yang kita kejar," ujar Jokowi.

 



Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.