Mengenal M1 Pro dan M1 Max, Dua Chip Terkuat Apple - Bicara Penting

Latest

logo

Mengenal M1 Pro dan M1 Max, Dua Chip Terkuat Apple

Mengenal M1 Pro dan M1 Max, Dua Chip Terkuat Apple

Apple meluncurkan dua chipset terbarunya yaitu M1 Pro dan M1 Max (Dok. Apple)

Jakarta - Apple dalam pengumumannya Selasa (19/10/2021) dini hari WIB, mengungkapkan bahwa mereka juga meluncurkan chip terbarunya untuk Mac, yaitu M1 Pro dan M1 Max.

Dalam siaran persnya, Apple menyebut bahwa chip M1 Pro menawarkan kinerja luar biasa dengan efisiensi daya yang terdepan di industri.

"Sementara M1 Max membawa kemampuan ini ke tingkat yang lebih tinggi," kata perusahaan yang salah satu pendirinya adalah Steve Jobs tersebut dalam acara bertajuk Unleashed.

Apple mengatakan, CPU di M1 Pro dan M1 Maz memberikan kinerja hingga 70 persen daripada M1. GPU di M1 Pro juga diklaim 2 kali lebih cepat ketimbang M1, sementara M1 Max lebih cepat empat kali lipat daripada M1.

Mereka menjelaskan, kedua chipset itu memperkenalkan system-on-a-chip (SoC).

"Chip ini memiliki memori terpadu yang cepat, kinerja per watt terdepan di industri, dan efisiensi daya yang luar biasa, bersama dengan peningkatan bandwidth dan kapasitas memori," tulis Apple.

M1 Pro menawarkan bandwidth memori hingga 200 GB per detik, dengan dukungan memori terpadu hingga 32 GB. Sementara M1 Max memiliki bandwidth memori hingga 400 GB per detik, dengan dukungan 64 GB memori terpadu. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Diklaim Sebagai Chip Terkuat Apple

<span>Apple meluncurkan dua chipset terbarunya yaitu M1 Pro dan M1 Max (Dok. Apple)</span>
Apple meluncurkan dua chipset terbarunya yaitu M1 Pro dan M1 Max (Dok. Apple)


Kedua chipset juga dilengkapi mesin media yang disempurnakan dengan akselerator ProRes khusus untuk pemrosesan video profesional.

Dalam laman resminya, perusahaan yang berkantor pusat di Cupertino, California itu pun mengklaim M1 Pro dan M1 Max "sejauh ini merupakan chip terkuat yang pernah dibuat Apple."

"M1 telah mengubah sistem kami yang paling populer dengan kinerja luar biasa, teknologi khusus, dan efisiensi daya terdepan di industri," kata Johny Srouji, Senior Vice President of Hardware Technologies Apple.

Secara spesifikasi, M1 Pro dikemas memiliki 33,7 miliar transistor, yang lebih dari dua kali jumlah di M1.

M1 Pro juga memiliki CPU 10-core baru, termasuk delapan core berperforma tinggi dan dua core efisiensi tinggi, hingga 70 persen lebih cepat dari M1.

Dibandingkan dengan chip laptop PC 8-core terbaru, M1 Pro menghadirkan kinerja CPU hingga 1,7 kali lebih banyak pada tingkat daya yang sama dan mencapai kinerja puncak chip PC dengan menggunakan daya hingga 70 persen lebih sedikit.

Sementara, M1 Max memiliki CPU 10-core yang sama kuatnya dengan M1 Pro, serta menambahkan GPU 32-core yang sangat besar untuk kinerja grafis hingga empat kali lebih cepat ketimbang M1.

M1 Max memiliki 57 miliar transistor, atau 70 persen lebih banyak dari M1 Pro dan 3,5 kali lebih banyak dari M1.

Teknologi Khusus

<span>Apple meluncurkan dua chipset terbarunya yaitu M1 Pro dan M1 Max (Dok. Apple)</span>
Apple meluncurkan dua chipset terbarunya yaitu M1 Pro dan M1 Max (Dok. Apple)


GPU M1 Max juga memberikan kinerja yang sebanding dengan GPU kelas atas di laptop PC pro yang ringkas, sembari mengonsumsi daya hingga 40 persen lebih sedikit.

Mereka juga memiliki kinerja yang serupa dengan GPU kelas atas di laptop terbesar saat menggunakan hingga 100 watt lebih sedikit daya.

M1 Max juga mengubah alur kerja yang intensif grafis, termasuk rendering garis waktu kompleks hingga 13 kali lebih cepat di Final Cut Pro dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inci generasi sebelumnya.

M1 Max juga menawarkan fabric on-chip bandwidth yang lebih tinggi, dan menggandakan antarmuka memori dibandingkan dengan M1 Pro hingga 400GB per detik, atau hampir 6 kali bandwidth memori M1.

Kedua chip juga dilengkapi teknologi khusus untuk membantu mendorong alur kerja ke tahap yang lebih tinggi, seperti Neural Engine 16-core untuk akselerasi machine learning di perangkat dan performa kamera yang lebih baik.

Mereka juga memiliki display engine baru yang mendukung beberapa layar eksternal dan pengontrol Thunderbolt 4 terintegrasi tambahan yang memberikan bandwidth I/O lebih banyak lagi.

Teknologi lain adalah prosesor custom image signal Apple bersama Neural Engine, yang menggunakan video komputasional untuk meningkatkan kualitas gambar untuk video yang lebih tajam, serta warna kulit yang tampak lebih alami pada kamera internal.

Di chip ini, Apple juga memberikan dukungan keamanan Secure Enclave terbaru, boot aman yang diverifikasi perangkat keras, dan teknologi anti-eksploitasi waktu proses.

Adapun, kedua chipset terbaru ini akan tersedia pada Macbook Pro terbaru Apple.

(Dio/Isk)

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

<span>Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)</span>
Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple (Liputan6.com/Abdillah)




Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.