Kritik Warganet ke Menpora soal Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020 - Bicara Penting

Latest

logo

Kritik Warganet ke Menpora soal Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020

Kritik Warganet ke Menpora soal Merah Putih Tak Berkibar di Piala Thomas 2020

Sudah menjadi tradisi pada ajang bulutangkis ketika bendera negara pemenang akan dikibarkan bersama lagu kebangsaan pada podium perayaan juara. Namun, Indonesia tak bisa merasakan momen-momen sakral tersebut di Piala Thomas 2020. (Tangkapan layar vidio.com)

Jakarta - Tiadanya bendera Merah Putih kala kemenangan Indonesia di Piala Thomas atau Thomas Cup 2020, membuat warganet Twitter mengomentari kinerja dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Kata "Menpora", saat artikel ini ditulis pada Senin (18/10/2021), menempati trending nomor tiga di Twitter, dengan sekitar 13 ribu cuitan.

Tak sedikit warganet, termasuk akun-akun centang biru, menilai buruk kinerja Menpora dalam menanggapi isu doping dan sanksi dari WADA (World Anti-Doping Agency).

Beberapa warganet juga menyebut bahwa kejadian tersebut adalah sesuatu yang memalukan.

Ada juga yang mengatakan, dalam beberapa kompetisi mendatang, Indonesia masih harus menghadapi sanksi semacam ini, mirip apa yang dialami Rusia di Olimpiade lalu.


Indonesia Menang Piala Thomas

<span>Para pemain Indonesia melakukan selebrasi usai memenangkan final Piala Thomas beregu putra melawan China, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia kembali merebut Piala Thomas setelah terakhir meraihnya pada 2002 lalu. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)</span>
Para pemain Indonesia melakukan selebrasi usai memenangkan final Piala Thomas beregu putra melawan China, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia kembali merebut Piala Thomas setelah terakhir meraihnya pada 2002 lalu. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)


Indonesia sendiri menjuarai Piala Thomas 2020 setelah berhasil memenangkan pertandingan kontra Tiongkok.

Tidak main-main, tim Indonesia sukses memetik kemenangan di tiga partai sekaligus. Skor 3-0 pun diperoleh dalam laga yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark ini.

Poin terakhir disumbang oleh tunggal putra Indonesia Jonatan Christie yang menang dalam rubber game melawan Li Shifeng.

Sebelumnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menang melawan ganda Tiongkok dalam dua set langsung, begitu juga dengan Anthony Ginting yang sukses mengalahkan Lu Guangzu.

Tanpa Bendera Merah Putih

<span>Para pemain Indonesia melakukan selebrasi usai menjuarai turnamen bulu tangkis beregu putra Piala Thomas 2020 melawan China di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia kembali merebut Piala Thomas setelah terakhir meraihnya pada 2002 lalu. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)</span>
Para pemain Indonesia melakukan selebrasi usai menjuarai turnamen bulu tangkis beregu putra Piala Thomas 2020 melawan China di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia kembali merebut Piala Thomas setelah terakhir meraihnya pada 2002 lalu. (Claus Fisker/Ritzau Scanpix via AP)


Sayangnya, pencapaian ini terasa kurang lengkap dan akan terasa pada upacara juara.

Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih, kecuali dalam ajang Olimpiade, dalam turnamen internasional. Hukuman tersebut datang dari Badan Antidoping Dunia, WADA, yang efektif per 7 Oktober lalu.

Sebagai gantinya, bendera yang dikibarkan dan mewakili Indonesia nanti menampilkan logo PBSI selaku induk bulu tangkis di Tanah Air.

Meskipun begitu, lagu kebangsaan Indonesia Raya masih tetap dikumandangkan.

(Dio/Isk)

Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis BWF

<span>Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF</span>
Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF




Sumber: www.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.