Arti Endorse dalam Dunia Bisnis, Ketahui Manfaat dan Kekurangannya - Bicara Penting

Latest

logo

Arti Endorse dalam Dunia Bisnis, Ketahui Manfaat dan Kekurangannya

Arti Endorse dalam Dunia Bisnis, Ketahui Manfaat dan Kekurangannya

Cara Influencer dan Kol tidak bergantung pada endorsement/dok. Unsplash Mateus

Jakarta Arti endorse adalah bentuk promosi sebuah barang atau jasa di media sosial. Endorse merupakan sebuah taktik bisnis yang dilakukan produsen, supaya produknya laris dibeli konsumen. Biasanya taktik ini sering kali menggait selebriti atau publik figur yang terkenal.

Praktiknya disebut dengan endorsement. Dalam Bahasa Inggris, arti endorse adalah dukungan atau pengesahan. Namun dalam surat kabar The Economic Times, arti endorse adalah bentuk iklan atau promosi yang menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, dan sebagainya dari banyak orang.

Dalam pelaksanaannya, endorse ini biasanya dilakukan dengan berbayar dan tidak berbayar tergantung dari kesepatan antara promotor dengan brand. Sehingga dapat meminimalkan pengeluaran financial untuk mengiklankan sebuah produk ataupun jasa.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai arti endorse beserta manfaat dan kekurangannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (11/10/2021).


Arti Endorse

<span>Ilustrasi brand. (iStockphoto)</span>
Ilustrasi brand. (iStockphoto)


Dalam dunia bisnis, arti endorse adalah cara pemasaran dengan membuat produk tersebut seolah-olah didukung oleh orang terkenal. Dengan memanfaatkan tokoh, selebriti, atlet, dan orang terkenal lainnya, produk tersebut bisa meningkatkan kesadaran calon pembeli.

Secara umum, arti endorse adalah ebagai pengakuan oleh orang yang mengiklankan produk tersebut, kalau orang tersebut menggunakan dan menyukai produk yang diiklankan, untuk mempengaruhi calon konsumen agar membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan endorse ini bisa dilakukan secara terang-terangan yang dibalut dengan caption berisikan kalimat bersifat persuasif. Tapi, ada banyak juga perusahaan atau brand yang meminta artis untuk melakukan kegiatan endorse secara natural atau yang sering disebut dengan soft selling. Mereka menggunakan kekuatan dari artis atau selebgram tersebut untuk melakukan kegiatan promosi.

Namun, dalam melakukan endorse anda perlu memperhatikan pemilihan publik figur yang tepat untuk nantinya akan memasarkan produk atau jasa Anda. Sebab memilih tokoh yang tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh produk hanya akan membuat strategi Anda berjalan sia-sia.

Manfaat Endorse

<span>Ilustrasi Brand. (Ilustrasi: Daily Observer)</span>
Ilustrasi Brand. (Ilustrasi: Daily Observer)


Setelah mengetahui arti endorse dalam dunia bisniss, anda perlu mengetahui manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat bisa anda menggunakan endorse dalam bisnis Anda, yaitu :

1. Membangun Kredibilitas

Manfaat pertama melakukan endorsement adalah membangun kredibilitas. Masyarakat akan mempercayai dan memandang selebriti yang mengiklankan produk tersebut. Selebriti atau publik figur bisa menunjukkan kelebihan produk tersebut, dan membangun sebuah kepercayaan dengan brand.

2. Membuat Brand Lebih Menonjol

Manfaat yang selanjutnya adalah membuat brand terlihat lebih menonjol. Karena selebriti mengiklankan produk tersebut dengan membandingkan produk dengan pesaing, sehingga membuat konsumen menjadi ingat tentang kelebihan produk tersebut, yang digunakan oleh selebriti favorit mereka.

3. Membuka Pasar Baru

Manfaat yang selanjutnya adalah membuka pasar baru. Brand bisa memilih selebritas atau publik figur yang tepat, yang memiliki banyak pengikut dan penggemar untuk membuka peluang brand mencapai pasar baru.

4. Membangun Awareness

Manfaat yang selanjutnya adalah dapat membangun awareness. Melakukan endorse akan membuat produk Anda dilihat dan dikenal. Langkah selanjutnya yang diharapkan tentunya produk tersebut akan dicari oleh banyak orang. Setelah mendapatkan awareness, Anda pun bisa menjalankan strategi lain karena orang sudah kenal dengan brand Anda.

5. Membantu Promosi Produk Lain

Manfaat yang lainnya adalah dapat membantu promosi produk lain. Endorse bukan hanya menunjang pemasaran dari satu produk. Brand Anda secara keseluruhan juga akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu, seluruh produk yang Anda jual pun akan terbantu pemasarannya.

6. Relatif Murah

Siapa bilang endorse harus mengeluarkan biaya yang mahal. Ada kalanya, endorse bisa dilakukan dengan biaya seadanya atau bahkan gratis sama sekali. Beberapa orang membuka jasa endorse dengan biaya yang murah atau cuma-cuma untuk membantu memasarkan sebuah produk.

Kekurangan Endorse dalam Dunia Bisnis

<span>Ilustrasi uang. (via: istimewa)</span>
Ilustrasi uang. (via: istimewa)


Meskipun banyak memberikan manfaat, endorse juga mempunyai kekurangan. Berikut ini ada beberapa kekurangan dari endorse, diantaranya:

1. Popularitas Selebriti Berubah

Saat brand memilih selebriti atau publik figur untuk mengiklankan sebuah produk, kemudian publik figur tersebut terkena skandal, maka popularitasnya akan berubah dan mempengaruhi citra produk.

2. Membayangi Produk

Karena seorang selebriti atau publik figur tidak hanya mengiklankan satu produk, sehingga bisa membayangi produk dari brand tersebut. Ada sebagian penggemar yang beranggapan, kalau selebriti itu mengaitkan produk dan menyandingkan dengan merek lain.

3. Endorse Mahal

Meskipun ada yang menawarkan jasa endorse dengan harga murah atau gratis, namun buat Anda yang ingin menggunakan selebriti atau selebgram dengan popularitas yang bagus diperlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk melakukan endorse, brand akan mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membayar selebriti, tergantung dari popularitasnya selebriti tersebut. Namun ada beberapa pengiklan yang dibayar mahal, tetapi kinerja dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Endorse

<span>Ilustrasi pesona cantik. (iStockphoto)</span>
Ilustrasi pesona cantik. (iStockphoto)


Supaya produk Anda dapat terjual dan brand Anda dikenal banyak orang, penting juga untuk memilih jasa endorse yang sesuai dengan brand Anda. Agar endorse yang Anda lakukan tidak sia-sia, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih jasa endorse, diantaranya:

1. Jumlah Follower

Banyak follower belum tentu tepat sasaran. Sedikit juga belum tentu tidak bisa meningkatkan penjualan. Faktanya, Anda harus tepat dalam melihat jumlah follower ini. Akun dengan follower sedikit bisa jadi lebih mahal karena menjanjikan pengembalian penjualan yang lebih besar.

2. Engagement Rate

Semakin besar engagement rate sebuah akun, semakin tinggi juga nilai yang ditawarkannya. Angka ini juga bisa membuktikan follower yang dimiliki oleh akun tersebut aseli atau palsu. Engagement rate juga memberikan data berapa banyak post tersebut dilihat.

3. Persona

Anda juga harus melihat persona yang ditampilkan oleh publik figur yang ingin diajak bekerja sama. Lebih baiknya lagi, Anda benar-benar memilih sosok yang berkecimpung dan dekat dengan produk yang dipakai. Ambil contoh Anda meminta bantuan makeup artis untuk memasarkan produk kosmetik. Bisa juga meng-endorse koki terkenal untuk menjual peralatan memasak. Dengan begitu, brand story yang ingin dibangun juga menyasar ke konsumen dengan tepat.

4. Harga

Dalam strategi pemasaran, Anda harus banyak memperhitungkan belanja marketing. Cobalah dengan menggunakan jasa dengan harga yang masuk dengan belanja marketing Anda di awal. Nantinya, Anda bisa semakin meningkatkan nilai dari brand dengan menggunakan publik figur yang dicintai oleh banyak orang.



Sumber: hot.liputan6.com

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source.