TRENDING NOW

Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Barito Putera vs Persela

Jakarta - Barito Putera akan mencoba untuk melanjutkan tren positif saat melawan Persela Lamongan pada lanjutan Gojek Liga 1 bersama BukaLapak di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Kamis (24/5/2018) malam. Kemenangan bisa membuat mereka jaga posisi di papan atas klasemen Liga 1.

Barito Putera berhasil meraih dua kemenangan dalam dua laga terakhir mereka, menang 4-1 atas PSIS Semarang di Banjarmasin dan menang tipis 1-0 atas Perseru Serui di Malang. Kembali tampil di hadapan para pendukungnya di Stadion 17 Mei, Barito Putera ingin melanjutkan tren positif tersebut. 

"Saat ini tim sudah berada di jalur yang benar. Namun, tim ini masih membutuhkan konsistensi. Kami tak berpikir kami menjadi pemuncak klasemen setelah pertandingan ini karena ini bukan tergantung kepada tim kami saja. Ketimbang memikirkan tim lain, kami lebih fokus menghadapi pertandingan dan tugas kami," kata pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago.

Pelatih asal Brasil itu juga tak ingin anak-anak asuhnya meremehkan Persela Lamongan hanya demi meraih tiga poin dan meneruskan tren positif. Jacksen mengingatkan bagaimana Persela bisa membuat Persija takluk di pertandingan terakhir dan bukan tak mungkin membuat kejutan saat bermain di Banjarmasin.

"Mungkin bagi orang lain Persela bukan tim yang menonjol. Namun, kami memiliki data dan mengukur kekuatan mereka pada musim ini, dan itu luar biasa. Persela bisa mengalahkan PSM dengan skor cukup telak di Makassar. Mereka bisa mengalahkan Persija dengan sebuah permainan yang luar biasa," ujar pelatih berusia 49 tahun itu.

"Di luar gol kontroversial yang terjadi, permainan Persela cukup baik. Maka dari itu kami harus waspada dan lebih mempersiapkan diri karena mereka bisa menjadi sebuah ancaman. Mereka memiliki potensi yang luar biasa," lanjutnya.

Barito Putera saat ini berada di peringkat keempat dalam klasemen sementara Liga 1 2018 dengan 16 poin, terpaut satu poin dari Persipura Jayapura dan PSM Makassar yang berada di dua posisi teratas. Sementara itu, Persela mengekor di posisi keenam hanya dengan hanya terpaut tiga poin.


Persela Pantang Kendur

<span>Persela merayakan gol ke gawang Persija di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018). (Bola.com/Aditya Wany)</span>
Persela merayakan gol ke gawang Persija di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (20/5/2018). (Bola.com/Aditya Wany)


Bermain di markas Barito Putera tak akan mudah bagi semua tim tamu, tak terkecuali bagi Persela melawat ke markas Barito, Kamis (24/5/2018) di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

Hal itu disadari sepenuhnya oleh kubu Persela. Maklum, Barito memiliki rekor kandang mengilap. Wallace Costa Alves dkk. pun wajib tampil optimal sejak kick-off hingga laga usai.

"Asal tak kendur seperti saat menang lawan Persija, kami optimistis bisa mencuri poin di kandang Barito," ujar Aji Santoso, pelatih Persela.

Aji memang tak secara spesifik membeberkan taktik yang akan ia terapkan di laga tersebut. Namun, bisa jadi ia menginstruksikan anak buahnya untuk memberikan tekanan secara spartan dan menutup ruang gerak sejumlah pemain kunci Barito Putera layaknya ketika mengalahkan Persija.

Ada sejumlah pemain Barito Putera yang sebelumnya disebut berpotensi membahayakan gawang Persela. Selain sang jenderal lapangan tengah, Douglas Packer, ada juga Samsul Arif dan Rizky Pora. Dua nama terakhir merupakan pemain dengan kecepatan dan kemampuan di atas rata-rata.

"Tidak ada pemain yang kami tugaskan untuk mematikan pemain Barito secara tertentu, namun siapa yang terdekat itulah yang harus mengawal," ujar Aji.

Pelatih kelahiran Malang itu juga meminta anak buahnya tak membuat kesalahan sendiri, terutama di zona mereka sendiri. Menurutnya, melawan Barito, sekecil apa pun kesalahan yang dilakukan pemain Persela bisa berakibat fatal.

Namun Persela mengisyaratkan tetap bermain normal meski lebih waspada. Seperti diketahui, Aji tipikal pelatih yang lebih menyukai permainan menyerang dengan mengandalkan bola-bola pendek yang mengalir cepat.

Sayang, di pertandingan ini Persela tidak bisa diperkuat Ahmad Birrul Walidain yang terkena satu kali larangan main akibat akumulasi kartu kuning. Namun, Aji tak khawatir karena Persela masih memiliki Eky Taufik yang bisa digeser dari posisi aslinya (bek sayap kiri) ke kanan. Sementara posisi Eky akan diisi Gusti Rustiawan.

Sementara perwakilan pemain, Fahmi Alayyubi menyatakan kesiapannya tampil optimal sekaligus mewujudkan ambisi mencuri angka dari Barito. "Saya dan rekan-rekan dalam kondisi bagus. Kami akan berusaha tampil maksimal dan menjalankan instruksi pelatih," sebutnya.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Muhammad Rifki, Aaron Evans, Hansamu Yama Pranata, Nazar Nurzaidin (belakang); Raffi Syaharil, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba (tengah); Douglas Packer, Rizky Pora, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Jacksen F Tiago

Persela Lamongan (4-2-3-1): M. Ridwan (kiper); I Gusti Rustiawan, Wallace Costa, Samsul Arifin, Eky Taufik (belakang); Subagja Baasith, Shohei Matsunaga, Fahmi Al Ayyubi, Diego Assis, Guntur Triaji (tengah); Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Aji Santoso



https://www.liputan6.com/bola/read/3536871/prediksi-barito-putera-vs-persela-lanjutkan-tren-positif
Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Ilustrasi perdagangan manusia (iStock)

Ponorogo - Jajaran Satuan Reskrim Polres Ponorogo, Jawa Timur menyelidiki dugaan perdagangan anak yang melibatkan terlapor, Eko Muhyani (33), warga Dusun Warujayeng, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo, AKP Rudi Darmawan di Ponorogo, Selasa, 22 Mei 2018, menuturkan, Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Reskrim Polres Ponorogo mengamankan terlapor pada Kamis, 17 Mei 2018.

Menurut Rudi Darmawan, Rufianti Laksmi (46), warga Jalan Bulak Jaya Surabaya melapor ke Satreskrim Ponorogo bahwa anaknya, Nova Dwiyanti (16) akan diberangkatkan ke luar negeri oleh Eko.

"Sebelum diberangkatkan jadi TKI, korban berada di penampungan TKI milik Eko yang beralamat di Perum Bhumi Citra Praja Mangkujayan Ponorogo," kata Rudi, dilansir Antara.

Mengutip keterangan orangtua korban, ia menjelaskan bahwa korban meninggalkan rumah tanpa izin orangtua sejak Jumat, 13 April 2018. Kemudian pada Selasa 1 Mei 2018, Rufianti Laksmi bersama kakak korban, Ian Dellansyah Safitri, mendatangi tempat penampungan TKI milik Eko.

Kepada ibu korban, Eko mengatakan bahwa Nova Dwiyanti akan diberangkatkan ke Singapura dengan gaji besar. Namun, orangtua korban tidak terima atas perbuatan Eko.

"Eko yang akan memberangkatkan anaknya yang masih di bawah umur ke Singapura dengan memalsukan identitas. Akhirnya, dia melaporkan kasus tersebut ke polisi untuk diproses secara hukum," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:



https://www.liputan6.com/regional/read/3536186/kabur-dari-rumah-remaja-ponorogo-nyaris-dikirim-ke-singapura
Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Pastikan kamu telah cukup minum air putih saat berbuka, di malam hari, dan saat sahur agar kulit tidak kering. (Foto: iStockphoto)

Jakarta Selama berpuasa di Bulan Ramadan, asupan cairan ke tubuh tentu berkurang. Akibatnya, kulit cenderung kering serta muncul beberapa keluhan lain seperti kulit kusam dan kurang segar.

Tak perlu resah dulu, berikut tips yang bisa dicoba untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit yang timbul saat bulan puasa.

1. Masalah pertama dan yang utama adalah kulit kering. Ini karena kurangnya asupan air yang masuk dalam tubuh selama berpuasa. Untuk mencegah kekeringan terjadi, pastikan kamu telah cukup minum air putih saat berbuka, di malam hari, dan saat sahur.

Sebisa mungkin hindari minuman soda dan kafein yang bisa menyerap cairan tubuh. Nah, kamu juga disarankan untuk mandi atau cuci muka dengan air dingin agar kulit tak jadi kering.

2. Salah satu masalah lain yang dihadapi wanita di bulan puasa adalah kulit yang kusam. Kulit kusam ini disebabkan oleh konsumsi gorengan. Ini meningkatkan kadar minyak di wajah sehingga kulit tampak kusam. Batasi konsumsi makanan berminyak ya Ladies. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 


Kurang tidur

<span>Ilustrasi kurang tidur (iStockphoto)</span>
Ilustrasi kurang tidur (iStockphoto)


3. Kurang jam tidur dan juga air saat puasa membuat wajahmu tampak lelah. Untuk mengatasinya usahakan untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk meningkatkan kesehatan kulit saat puasa.

4. Sebisa mungkin hindari kontak dengan matahari terlalu lama. Sinar UV bisa membuat kulit bermasalah lho. Untuk mencegah dan juga mengatasinya, pakailah tabir surya dan pelembap yang baik untuk kulitmu.

Kunci utama adalah jangan sampai dehidrasi Ladies. Usahakan untuk selalu minum air minimal 8 gelas sehari meskipun sedang berpuasa. Atur saja konsumsi air ini di jam berbuka dan sahur agar tubuh dan kulit senantiasa terjaga kesehatannya.

Reporter: Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com



https://www.liputan6.com/health/read/3535760/tips-cegah-kulit-kering-selama-bulan-puasa
Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, turut menyumbangkan poin saat Indonesia membungkam Kanada 5-0 pada Grup B Piala Thomas 2018, di Bangkok, Minggu (20/5//2018). (PBSI)

Bangkok - Susy Susanti optimistis Tim Piala Thomas Indonesia bisa menyingkirkan Malaysia di babak perempat final. Menurutnya, Anthony Ginting dan kawan-kawan punya kualitas melakukan hal tersebut.

Berdasarkan hasil undian yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Kamis (24/5/2018) malam waktu setempat, Tim Piala Thomas yang keluar sebagai juara Grup B akan menghadapi Malaysia.

"Kartu as mereka mungkin ada di (Lee) Chong Wei. Untuk ganda peluangnya sedikit di atas kertas, tapi tetap waspada," kata Susy Susanti yang merupakan manajer tim Piala Thomas dan Uber Indonesia 2018.

"Kalau untuk tunggal kedua dan ketiga kami ramai juga. Tapi melihat di SEA Games kami bisa mengatasi, paling tidak itu bisa menjadi modal,” lanjutnya, dikutip dari badmintonindonesia.org.

Lebih lanjut, Susy mengatakan, Tim Piala Thomas Indonesia merupakan skuat yang paling ditakuti negara lain.

"Sebelum pertandingan dimulai, semua punya peluang yang sama. Lawan-lawan juga takut lihat Indonesia, kenapa kita harus takut menghadapi tim lain?"

"Untuk peluang ada dan tetap terbuka (menjuarai Piala Thomas). Yang penting tetap konsisten dan siap, karena menghadapi lapangan yang sedikit banyak berpengaruh. Tapi dengan adaptasi yang sudah dilakukan sebelumnya, saya rasa sudah cukup," ujar Susy.


Pemegang Gelar Terbanyak

Indonesia merupakan pemegang gelar terbanyak Piala Thomas dengan catatan 13 trofi. Sayang, Indonesia udah puas gelar sejak 16 tahun lalu.

Indonesia kali terakhir menjuarai Piala Thomas pada 2002. Ketika itu, Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2 di Kuala Lumpur.

Pada Piala Thomas 2016, Indonesia hanya menjadi runner-up. Indonesia kalah 2-3 dari Denmark, di Kunshan, Tiongkok.

 

 

 

Jadwal

Kamis, 24 Mei 2018

Tim Uber

14.00 WIB Indonesia Vs Thailand

Tim Thomas

19.00 WIB Indonesia Vs Malaysia



https://www.liputan6.com/bola/read/3536851/susy-susanti-tim-piala-thomas-indonesia-bisa-atasi-malaysia
Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno (kiri) dan Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi (kanan) mengunjungi pelayanan penukaran uang di Monas, Jakarta, Rabu (23/5). Hal ini upaya BI untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan jelang Idul Fitri. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menudukung keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melarang mantan narapidana korupsi maju menjadi calon legislatif di Pemilu Serentak 2019.

Menurut Sandi, larangan tersebut sanksi yang pantas dan cukup tegas diberikan bagi pelaku korupsi.

"Mantan narapidana korupsi tentunya di literatur-literatur jelas ada sanksi yang sangat tegas bagi pelaku korupsi untuk tidak lagi bisa dicalonkan. Dan kami mendukung ini sebagai langkah tegas,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Politikus Partai Gerindra itu ingin memastikan generasi muda bebas korupsi dan memberi pelajaran bahwa siapa pun harus bebas dari korupsi dan nepotisme.

"Kita harus anti korupsi, ini tentunya mengirimkan pesan yang jelas untuk semua politisi dan birokrat maupun juga di dunia usaha untuk tidak sama sekali memberikan ruang kegiatan yang sarat potensi korupsi, kolusi, nepotisme. Bagi kami ini adalah harga mati," kata Sandiaga.

 


Keputusan KPU

<span>Konser 100 Hari Menuju Asian Games 2018 (Daniel Kampua/bintang.com)</span>
Konser 100 Hari Menuju Asian Games 2018 (Daniel Kampua/bintang.com)


Sebelumnya, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pihaknya akan tetap melarang mantan narapidana korupsi maju menjadi calon legislatif di Pemilu Serentak 2019. Ketentuan itu masuk dalam rancangan PKPU.

"Lalu, soal aturan mantan napi koruptor itu kita tetap. Iya tetap untuk tidak memperbolehkan," kata Pramono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018. 



https://www.liputan6.com/news/read/3536915/sandiaga-uno-dukung-larangan-eks-napi-korupsi-maju-caleg
Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Selebrasi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi usai finis ketiga MotoGP Prancis 2018 di Sirkuit Le Mans. (JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Liputan6.com, Meski baru seri kelima, siapa pembalap yang jadi kandidat kuat juara dunia MotoGP 2018 sudah terlihat. Jawabannya adalah Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu sudah menciptakan jarak yang signifikan dengan para rivalnya.

Situasi ini tercipta berkat hasil balapan MotoGP Prancis 2018 di Sirkuit Le Mans. Pada balapan yang dihelat, Minggu (20/5/2018), The Baby Alien sukses merebut podium juara setelah melahap 27 lap dengan waktu 41 menit 49,773 detik.

Hasil itu yang membuat keunggulan Marquez di klasemen kian menjadi-jadi. Apalagi, para rivalnya seperti Andrea Dovizioso, Johann Zarco, dan Valentino Rossi terus meraih hasil negatif. Seperti pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Dovi jadi korban tabrakan beruntun yang melibatkan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Pada MotoGP Prancis, Dovi harus menyudahi balapan setelah tergelincir pada putaran keempat. Zarco menyusul Dovi untuk segera masuk garasi setelah terjatuh pada lap kedelapan. Akibatnya, Marquez kian tak terkejar dalam perburuan gelar.

"Marc sudah memiliki keunggulan besar. Tapi masalah untuk lawan-lawannya bukan soal itu, tapi pada kecepatannya. Ia adalah pembalap tercepat di lintasan. Itu sebabnya akan sangat sulit untuk menghentikannya," ujar Rossi, dikutip Speedweek.

 


Rossi pun Heran

<span>Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kanan) dan rider Repsol Honda, Marc Marquez. (AP Photo/David Vincent)</span>
Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kanan) dan rider Repsol Honda, Marc Marquez. (AP Photo/David Vincent)


Marquez memuncaki klasemen pembalap dengan koleksi 95 poin dari lima seri. Pesaing terdekatnya adalah Maverick Vinales yang terpaut 36 poin. Untuk mengatasi jarak besar itu, para rivalnya tentu berharap Marquez tertimpa banyak kesialan di 14 seri tersisa.

"Tahun lalu Marc mengalami lebih banyak masalah dengan motornya dalam beberapa balapan dibandingkan pembalap Yamaha dan Ducati. Itulah mengapa pertarungan gelar diputuskan pada akhir musim. Tahun ini, Honda telah mengambil langkah maju," kata Rossi.

"Marquez kini bisa menggunakan motornya lebih baik, tapi pembalap lain Honda tertinggal jauh di Le Mans. Mungkin Honda sedikit lebih kuat sekarang, tapi ia menggerakkan mesin lebih baik dari rekan-rekannya. Saya tidak tahu siapa yang bisa menghentikannya saat ini karena ia sudah unggul 36 poin," pembalap Movistar Yamaha itu menambahkan.

 

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 95 poin

2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 59 poin

3. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58 poin

4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 56

5. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 54

6. Jack Miller (Pramac Ducati) 49

7. Andrea Iannone (Suzuki) 47

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 46

9. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

10. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 29

11. Tito Rabat (Avintia Racing) 24

12. Alex Rins (Suzuki) 22

13. Pol Espargaro (KTM) 18

14. Jorge Lorenzo (Ducati) 16

15. Franco Morbidelli (Marc VDS) 16

16. Aleix Espargaro (Aprilia) 13

17. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 13

18. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 12

19. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

20. Mika Kalilo (KTM) 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 5

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Avintia) -



https://www.liputan6.com/bola/read/3536852/motogp-rossi-ragu-ada-pembalap-yang-bisa-hentikan-marquez
Gudangnya Berita Penting, Terpercaya dan Akurat
Kata-kata yang keluar dari mulut Lucinta Luna kini menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. (Instagram: @levanavarraiza)

Jakarta - Mulutmu harimaumu, peribahasa tersebut tampaknya cukup tepat menggambarkan kondisi Lucinta Luna saat ini. Akibat perkataannya di media sosial, Lucinta Luna kini menjadi incaran masyarakat Papua khususnya Manokwari.

Baru-baru ini Lucinta Luna melontarkan sindiran kepada seseorang yang dianggapnya sebagai plagiat dirinya dengan kata-kata yang tidak pantas. "Yang dari n***k apa n***kwari ya? Sok-sokan ngikutin muka gue. Yang panjat sosial," katanya.

Orang yang dimaksud Lucinta Luna itu adalah Levana Varraiza, wanita yang disebut-sebut mirip dengannya. Selebgram asal Manokwari itu pun menyampaikan pesan untuk Lucinta Luna.

"Makanya, buat mbaknya lain kali kalau ngomong itu disaring. Alangkah baiknya tidak saling menyakiti perasaan orang lain, apa susahnya sih mbak," ujar Levana dalam video yang diunggahnya ke Instagram pribadinya, Rabu (23/5/2018).


Denda Rp 100 Miliar

<span>Lucinta Luna [foto: instagram]</span>
Lucinta Luna [foto: instagram]


Apa yang dilakukan Lucinta Luna ini adalah sebuah penghinaan bagi masyarakat Papua Barat dan terutama Manokwari. Akibat perbuatannya, Lucinta dilaporkan ke pihak berwajib dan dituntut membayar denda sebesar Rp 100 miliar.

"3. Beri hukuman Adat dengan membayar DENDA sebesar 100 Milliar kepada Masyarakat Manokwari. 4. Segera membuat pernyataan sikap permintaan maaf dari @lucintaluna kepada Seluruh Masyarakat Papua terutama Manokwari melalui SELURUH Media Massa Di Indonesia," tulis akun Instagram @papuabarathitz, Rabu (23/5/2018).

Tidak Sengaja

<span>Lucinta Luna (Instagram)</span>
Lucinta Luna (Instagram)


Usai diserbu masyarakat Papua Barat, Lucinta Luna langsung mengutarakan permohonan maafnya. Menurut Lucinta, kata-kata kasar tersebut tidak sengaja terlontar dari mulutnya.

"Saya atas nama pribadi Lucinta Luna ingin menyampaikan sesuatu yang benar-benar saya sangat khilaf, dan tidak sengaja di luar kendali saya," ujar Lucinta dalam video permintaan maaf yang dibuatnya.

Tidak Tahu Cara Penyebutan

<span>Lucinta Luna (Foto: Instagram)</span>
Lucinta Luna (Foto: Instagram)


Lucinta Luna juga mengaku tidak mengerti cara menyebutkan nama 'Manokwari'. Namun alasan itu tidak dapat diterima Levana begitu saja.

"Kalau memang mbaknya enggak sengaja, hal tersebut pasti enggak akan terucap berulang-ulang dong mbak. Dan kalau misalnya enggak sengaja, pasti endingnya membenarkan kata tersebut dan ada kata maaf. Tapi kayaknya mbaknya happy-happy aja tuh," katanya.

Jangan Cari Sensasi

<span>Levana Varraiza yang dibilang mirip Lucinta Luna (Instagram: @levanavarraiza)</span>
Levana Varraiza yang dibilang mirip Lucinta Luna (Instagram: @levanavarraiza)


Merasa tersudutkan, Levana Varraiza berharap Lucinta Luna berhenti mencari sensasi. Terlebih, Levana sama sekali tidak pernah ada niatan ingin disamakan dengan Lucinta.

"Saran aku mba nya kdpannya untk lebih positif lagi dalam berkata karena kan yang publik figur mba nya, jgn timbulkan sensasi buruk dimata masyarakat, apa lagi saya tdk pernah ingin disamakan sma mbanya," papar Levana.



https://www.liputan6.com/showbiz/read/3536885/lucinta-luna-diserang-masyarakat-papua-ini-tanggapan-levana-varraiza